PDAM Bolmong dan BSG Jalin Kerjasama, Ini Harapan Yasti

0
291
PDAM Bolmong dan BSG Jalin Kerjasama, Ini Harapan Yasti
Foto bersama Bupati Yasti, Dirut PDAM Kamran Muchtar Podomi, Dirut PT BSG Revino Pepah dan jajarannya.
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bolaang Mongondow resmi menjalin kerjasama dengan pihak PT Bank SulutGo (BSG), Jumat, (10/9/2021).

Kerjasama ini bertujuan untuk mempermudah pelayanan terkait dengan penerimaan pembayaran tagihan rekening air minum melalui BSG.

Penandatanganan perjanjian antara Direktur Utama (Dirut) PDAM Bolmong Kamran Muchtar Podomi dan Dirut PT BSG Revino Pepah, berlangsung di Aula lantai 5 Kantor Pusat BSG, Manado dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kegiatan kerjasama tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Dewan Komisaris PT BSG Buhari Mokoagow, para jajaran direksi, dan pimpinan-pimpinan cabang BSG di Sulut.

Dalam sambutannya, Bupati Yasti mengapresiasi pihak BSG dan PDAM Bolmong karena telah menindaklanjuti harapan dan keinginan Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bolmong dengan melakukan modernisasi layanan pembayaran tagihan air minum melalui transaksi elektronik BSG.

“Ini merupakan suatu terobosan dan saya anggap selangkah lebih maju kedepan dalam hal pelayanan pelanggan air minum di wilayah kerja PDAM Bolmong,” kata Yasti.

Dia menjelaskan, PDAM merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang memiliki peran ganda, yakni; sebagai institusi yang berorientasi sosial untuk layanan publik dan institusi orientasi ekonomi untuk mendapatkan profit atau keuntungan yang dapat mendorong PAD.

“Untuk mencapai PDAM yang berciri korporasi profesional dan modern, tentu tak lepas dari peran stakeholder terkait, dalam hal ini BSG,” jelasnya.

Yasti berpesan agar, pihak PDAM Bolmong dan BSG segera mensosialisasikan bentuk kerjasama tersebut kepada masyarakat pelanggan. Sehingga kata dia, tak ada lagi alasan terlambat atau tidak membayar tagihan rekening air, karena bisa dilakukan kapan saja walaupun hari libur kantor.

Melalui kerjasama ini, Yasti yakin bisa mendukung peningkatan transaksi elektronik BSG. Mengingat jumlah pelanggan PDAM Bolmong semakin bertambah seiring perkembangan pemukiman, prasarana, sarana pemerintahan, gedung, hotel, restoran dan saran pendukung lainnya.

“Saya berharap agar kedepan pihak Bank SulutGo dapat mengembangkan bentuk kerjasama melalui sistem auto debet kepada ASN selaku pengguna air PDAM, karena pembayaran gaji ASN Pemkab Bolmong saat ini melalui BSG,” harapnya.

Kemudian, Dirut PT BSG Revino Pepah dalam sambutannya memberi penghargaan kepada Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, karena pihaknya masih dipercayakan lagi sebagai bank untuk mengelola tagihan rekening air minum yang ada di Bolmong.

“Tentunya kepercayaan ini tidak akan kami sia-siakan. Kepercayaan ini akan kami tingkatkan secara terus menerus,” kata Pepah

Dia menambahkan, pihak BSG memiliki beberapa produk selain rekening air minum, BSG juga katanya memiliki produk yang namanya BSG direct. Ini bisa juga digunakan oleh perusahan daerah sebagai sarana mengelola keuangan.

Jadi kata dia, dalam hal pembayaran gaji, dan pembayaran tagihan lainnya dari perusahan pihaknya menyiapkan aplikasi yang namanya BSG direct. Aplikasi ini mereka install di perusahan tersebut, dan dari perusahan tinggal mengatur masalah operasional secara intern.

“Jadi tidak perlu datang ke bank pembayaran pegawai dan apapun pengelolaan keuangan, seperti melihat saldo, melihat mutasi rekening itu bisa dilakukan baik melalui gadget ataupun melalui desktop yang kita siapkan,” terangnya.

Sehingga pengelolaan keuangan itu menjadi lebih akurat dan cepat. Selain tagihan rekening kepada pelanggan pihaknya menyediakan BSG direct sebagai salah satu aplikasi yang mereka siapkan kepada perusahan-perusahan dalam pengelolaan transaksi uang.

“Sebagai informasi, saat ini kita sedang mengelola kurang lebih dua ratus lebih perusahan di Sulut dan Gorontalo yang menggunakan BSG direct. Baik institusi perusahan maupun institusi non profit, yayasan persekolahan dan lain lain. Jadi, ini sekaligus yang kita tawarkan untuk PDAM Bolmong, selain pengelolaan tagihan juga BSG direct,” tuturnya.

Atas nama direksi BSG, dirinya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, karena selain Rekening Kas Umum Daerah (RKUD), PDAM juga dipercayakan di BSG.

“Dan apabila ada yang perlu diperbaiki mungkin ada yang belum sempurna, kami siap sempurnakan secara bertahap dan kami tentu memiliki komitmen untuk memberikan yang baik untuk Pemkab Bolmong,” tandasnya.

Terpisah, Dirut PDAM Bolmong Kamran Muchtar Podomi mengatakan, kerja sama ini merupakan bagian dari mewujudkan pelayanan yang efisien dan mudah bagi pelanggan PDAM.

“Pembayaran tagihan rekening air minum melalui BSG yang dilakukan lewat teller atau ATM. Nantinya juga bisa lewat aplikasi yang ada pada BSG,” katanya.

Ia berharap, pihaknya saat ini terus melakukan perubahan pelayanan yang lebih baik dan mempermudah pelanggan. “Pada pokoknya kami akan terus memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan PDAM,” tutupnya.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here