Regional

7 Tahun Kepemimpinan OD-SK, Perekonomian Sulut Meningkat, Angka Kemiskinan Turun

BOLMORA.COM, SULUT –  Tak bisa dimungkiri, di bawah kepemimpinan OD-SK (Olly Dondokambey dan Steven O.E. Kandouw) perekonomian di Sulut (Sulawesi Utara) semakin meningkat.

Pada triwulan II tahun 2022, pasca pendemi Covid-19 dan ketidakpastian ekonomi global, perekonomian Sulut tumbuh positif 5,93 persen (yoy). Ini lebih tinggi dibandingkan capaian triwulan sebelumnya yang tercatat 3,89 persen (yoy).

Dengan capaian tersebut, kinerja perekonomian Sulut tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan perekonomian nasional yang tumbuh 5,44 persen (yoy).

Perekonomian Sulut yang tetap tumbuh positif pada triwulan 2022, juga dipengaruhi dengan penyaluran kredit perbankan meningkat, terutama ditopang oleh penyaluran kredit modal kerja dan kredit konsumsi, yang mengindikasikan perbaikan perekonomian daerah terus berlanjut.

Dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat, berpengaruh pada kondisi kesejahteraan masyarakat Sulut, yang juga tercatat mengalami perbaikan. Indikator penurunan angka kemiskinan yang memang menjadi salah satu fokus dan program pemerintahan OD-SK menjadi ukuran. Berdasarkan data terakhir, angka kemiskinan di Sulut pada bulan Maret menurun sebesar 1,2 Ribu jiwa dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Upaya peningkatan perekonomian di sektor pariwisata pun di Sulut pun terus dilakukan dengan rencana dibukannya penerbangan PP (pulang pergi) Manado-Jepang, yang akan diberlakukan mulai Maret 2023 mendatang.

Hal ini merupakan tindaklanjut dan keseriusan Gubernur Olly Dondokambey untuk membangkitkan kembali gairah pariwisata Sulut hingga dunia internasional, yang akan bermultplier effect pada bidang lainnya.

Dengan rencana diadakan penerbangan perdana ini, otomatis pariwisata Sulut kembali menunjukan gairahnya, juga awal kebangkitan Sulut pasca dirundung pandemi Covid-19.

Selain itu, Ini merupakan momentum untuk Sulut bangkit lebih cepat, sekaligus untuk kembali mengairahkan industri khususnya di sektor pariwisata.

Editor: Gun Mondo

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button