H2M Berharap Pendamping Desa Bekerja Profesional

0
H2M Berharap Pendamping Desa Bekerja Profesional
Reses Masa Sidang III AnggotaDPR RI Hi. Herson Mayulu, di Kabupaten Bolsel Kabupaten

BOLMORA.COM, BOLSEL  – Anggota Komisi V DPR RI Hi. Herson Mayulu, melaksanakan kegiatan reses masa sidang III tahun 2021, yang digelar di Bukit Kima, Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Rabu (17/2/2021).

Dalam kesempatan itu, politisi PDI Perjuangan itu berharap pendamping desa benar-benarbekerja secara profesional.

“Dalam setiap kesempatan rapat kerja maupun rapat dengar pendapat (RDP) dengan Menteri Desa-PDTT, saya selalu menyampaikan soal perlunya regulasi yang mengatur kewenangan pendamping desa dalam melakukan pekerjaannya. Sehingga, bisa berjalan baik dan efektif,” ungkap Herson, di hadapan jajaran Dinas PMD dan Pendamping Desa Kabupaten Bolsel.

Dikatakan, dengan kewenangan yang mantap, tentu selain dapat membantu perencanaan pembangunan desa, pendamping desa juga dapat memberikan kontribusi dalam perbaikan tata kelola keuangan desa.

Selain menyampaikan kebutuhan tetntang regulasi pendamping desa, Ketua Kapoksi Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini juga merespon beberapa keluhan yang disampaikan oleh beberapa Tenaga Ahli P3MD, terkait keterlambatan gaji mereka dengan menghubungi secara langsung Sekjen Kementerian Desa Taufik Madjid, melalui kontak WhatsApp.

“Saya sudah dapat info dari pak Sekjen, tunggakan gaji kalian segera dibayarkan pada Februari ini, meskipun secara bertahap. Untuk itu, bekerjalah profesional. Berkaitan dengan aplikasi pengawasan kinerja yang ditangani secara langsung oleh Kementerian Desa, itu dimaksudkan agar kalian  bisa memberikan pelaporan secara riil dan cepat, terkait aktivitas kalian di lapangan,” pungkas H2M (singkatan nama Hi. Herson Mayulu).

Sementara, Kepala Dinas PMD Bolse Ekafri Van Gobel, yang memimpin jajaran dinasnya dalam pertemuan itu mengatakan bahwa, pihaknya bersama pendamping desa telah menggagas pembentukan SID (Sistem Informasi Desa), yang keberadaannya bertujuan untuk memberikan akses luas kepada segenap pemangku kepentingan.

“Juga termasuk Kementerian Desa-PDTT dalam memantau pelaksanaan pembangunan desa di Kabupaten Bolsel,” kata Ekafri.

Hal itu juga dibenarkan oleh Tenaga Ahli P3MD Lucky Chandra Makalalag, sekaligus meyampaikan rasa terima kasihnya kepada anggota DPR RI Hi. Herson Mayulu, yang tetap konsisten menjadi sandaran pendamping desa dalam menerima aspirasi dan keluhan-keluhan mereka.

“Aspirasi yang kami sampaikan, selain untuk menjaga semangat kerja, juga untuk perbaikan kinerja pendamping desa, yang muaranya tentu bagi pembangunan desa itu sendiri,” ucap mantan aktivis 98 Makassar ini. 

(*/Gnm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here