Disperindagkop-UKM Bolsel Akan Menggelar Pelatihan kepada Pelaku Usaha

0
34
Disperindagkop-UKM Bolsel Akan Menggelar Pelatihan kepada Pelaku Usaha
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UKM Bolsel Alsyafri Kadullah
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLSEL –Dinas Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) akan menggelar pelatihan kewirausahaan dan ketahanan pangan, bagi pelaku usaha. Hal ini disampaikan Kepala Disperindagkop-UKM Bolsel Alsyafri Kadullah.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu dukungan pemerintah kepada pelaku UMKM yang bergerak dalam cluster Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) untuk memperoleh izin. 

“Ini merupakan izin krusial yang harus dipenuhi. Agar, sebuah produk makanan bisa diedarkan,” ungkapnya, Rabu (3/2/2021).

Dikatakan, saat ini produk olahan makanan kemasan produksi Bolsel telah banyak beredar di masyarakat. Namun, perlu mendapat fasilitas perizinan dari pemerintah, salah satunya PIRT.

“Outputnya kami harapkan semua produk kemasan Bolsel telah memiliki PIRT. Ini juga upaya untuk melindungi konsumen,” ujar Alsyafri.

Ia juga menyampaikan, hal itu dilakukan berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor: 22 Tahun 2018 tentang pedoman pemberian sertifikat PIRT. Sertifikat izin PIRT ini diberikan oleh bupati atau wali kota melalui Dinas Kesehatan.

“Sertifikat ini mengacu bahwa, pangan hasil produksi yang dihasilkan telah memenuhi persyaratan dan standar keamanan yang telah ditentukan. Kegiatan ini nantinya akan melibatkan Dinas Kesehatan sebagai instansi terkait, yang nantinya akan memberikan penyuluhan dalam pelatihan,” tutupnya.

Liputan: Nanda

Editor: Gunady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here