Dilema Sekolah Online di Masa Pandemi Covid-19

0
Dilema Sekolah Online Di Masa Pandemi COVID-19
Apriliani Darumeas, Mahasiswa Universitas Negeri Manado, Fakultas Ekonomi
Advertisement

Oleh: Apriliani Darumeas, Mahasiswa Universitas Negeri Manado, Fakultas Ekonomi

WABAH COVID-19 hingga sekarang ini masih melanda dunia diantaranya Indonesia. Bahkan sampai saat ini pasien positif covid-19 di Indonesia mencapai 4,25jt kasus. Cepatnya penyebaran wabah ini membuat semua negara preventif, kuratif dan promotif kepada warga negaranya.

Upaya Negara dalam menghambat penyebaran virus kini merambah ke dunia pendidikan. Berdasarkan kebijakan menteri pendidikan dan kebudayaan tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat covid-19 memberi himbauan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilakukan dari rumah melalui pembelajaran daring atau belajar dari rumah kepada warga negaranya.

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dari rumah biasanya dilakukan menggunakan Aplikasi gogle cclassroom, zoom, whatsapp, telegram dan media lainnya. Melalui media pembelajaran daring tersebut guru berusaha menyampaikan materi kepada siswa. Kelebihan pembelajaran daring ini adalah tidak terikat ruang dan waktu. Sehingga kapan saja dan dimana saja siswa tetap dapat mengikuti pembelajaran daring.

Akan tetapi pada kenyataannya kegiatan pembelajaran daring ini tidak mudah diterapkan di Indonesia banyak keterbatasan dan permasalahan yang terjadi dilapangan diantaranya yaitu dari segi pendidik, beberapa guru yang belum memiliki kemampuan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang mereka punya. Dari segi siswa, tidak semua siswa memiliki android atau laptop untuk mengakses materi pembelajaran, dan tidak semua siswa berasal dari keluarga yang mampu untuk membeli kuota internet setiap waktu.

Kita tahu bahwa Indonesia adalah negara yang luas dan tidak semua warganya ada di daerah perkotaan, mereka yang tinggal di daerah pedalaman terkadang masih belum terjangkau oleh listrik dan internet. Sehingga, tidak tepat apabila kebijakan pembelajaran dari rumah dipikul rata untuk semua wilayah Indonesia. Kebijakan pemerintah tentang pembelajaran dari rumah ini merupakan kebijakan yang bagus untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang lebih luas sekaligus memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Saran saya untuk sekolah-sekolah yang berada di daerah pedesaan yang di prediksi belum ada penyebaran virus disana, sebaiknya diizinkan untuk tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka disekolah.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here