Kapolres Buol Hadiri Sidang PPL Program Redistribusi Tanah

0
401
Kapolres Buol Hadiri Sidang PPL Program Redistribusi Tanah
Sidang PPL dalam rangka program redistribusi tanah di pimpin Bupati Buol, berlangsung di aula kantor Bupati, Kamis (19/11/20). Foto : Istimewa/by : Syarif

BOLMORA.COM, BUOL – Kapolres Buol AKBP Dieno Hendro Widodo, menghadiri sidang Panitia Pertimbangan Landrefrom (PPL) Kabupaten Buol tahun 2020 dalam rangka program Redistribusi Tanah. Kegiatan yang berlangsung diaula kantor Bupati Buol itu menerapkan protkes Covid-19, Kamis kemarin.

Sidang Panitia Pertimbangan Landrefrom Pemkab Buol dipimpin Asisten II mewakili Bupati Buol Amirudin Rauf, Kapolres Dieno Hendro didampingi  Kanit Pidum Ipda Nandito Marbun.

Dalam kesempatannya Dieno Hendro, menyampaikan saran agar Pemkab Buol memastikan status objek lahan tidak dalam sengketa atau bermasalah semisal masuk dalam hutan kawasan.

“Termasuk memperhatikan dampak sosial  untuk menghidari terjadi gangguan kamtibmas. Kemudian mohon diteliti dan dicek lahan yang diberikan sertifikat agar tidak ada permasalahan,”ujar Kapolres Dieno Hendro.

Sementara itu, program redistribusi tanah merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Buol dalam rangka pemberian tanah negara yang bersumber dari objek redistribusi tanah kepada subjek.

Tujuan program redistribusi tanah sendiri adalah mengadakan pembagian dengan memberikan dasar kepemilikan tanah sekaligus memberikan kepastian hukum hak atas tanah kepada subjek yang memenuhi syarat, sehingga dapat memperbaiki serta meningkatkan keadaan sosial ekonomi subjek.

Program redistribusi tanah merupakan implementasi amanat Undang-undang Nomor 5 tahun 1960 tentang dasar pokok-pokok agrarian. Undang-undang  nomor 56 tahun 1960 tentang penetapan luas tanah pertanian. Kemudian diperluas dengan Peraturan  Presiden nomor 86 tahun 2018 tentang reforma agraria.

(Syarif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here