Puluhan Calon Kepala Desa di Bolmong Gelar Deklarasi Damai

0
115
Puluhan Calon Kepala Desa di Bolmong Gelar Deklarasi Damai
Deklarasi Damai Polkades di Kabupaten Bolmong

BOLMORA.COM, ADVERTORIAL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bolmong bersama calon kepala desa menggelar deklarasi damai untuk menyambut pemilihan kepala desa (Pilkades) yang akan digelar pada 14 Nivember 2019 mendatang. 

Kegiatan tersebut berlangsung di pendopo kantor bupati, yang dihadiri Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu Warsito, Kapolres Kotamobagu AKBP Gani Fernando Siahaan, Kapolres Bolmong AKBP Indra Permana, Dandim 1303 Bolmong Lekol Inf Sigit Dwi Cahyono, Sekretaris Daerah Tahlis Gallang, para asisten, para pimpinan SKPD, camat, para calon kepala desa, serta ratusan anggota Linmas.

Penandatanganan Berita Acara Deklarasi Damai

Dari pantauan Bolmora.Com, puluhan calon kepala desa secara bersama-sama membacakan isi deklarasi damai, dengan komitmen siap menjaga keamananan dan ketertiban demi suksesnya Pilkades yang akan digelar serentak pada 14 November mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara deklarasi damai calon kepala desa.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, yang memimpin apel mengatakan bahwa, keamanan bukan tanggung jawab perseorangan, tetapi semua komponen memiliki tanggung jawab yang sama.

“Jadi, mari kita bersama-sama menjaga keamanan selama pelaksanaan Pilkades ini. Begitu juga panitia, jalani Perbup dengan lurus. Panitia bukan untuk memenangkan salah satu calon, tapi melaksanakan tugas sesuai aturan,” tegas Yasti, Senin (4/11/2019).

Kapolres Bolmong saat menyampaikan sambutan

Dia memberikan penghargaan atas terlaksananya deklarasi tersebut, dan berharap kepada calon kades untuk dapat mengikuti ketentuan sesuai peraturan yang berlaku.

Menurutnya, Pilkades merupakan wahana demokrasi bagi masyarakat desa, untuk memilih pemimpin di desanya. Sehingga, diharapkan setiap desa memiliki visi dan misi untuk memajukan dan mensejahterakan desanya.

“Seluruh calon kades agar melaksanakan isi deklarasi tersebut dengan baik, dengan melaksanakan setiap kesepakatan yang telah dideklarasikan serta menanamkan semangat siap menang dan kalah. Hindari upaya menghujat calon lainnya dalam penyampaian misi dan visi dan program kerjanya. Tetap menjaga tali persaudaraan dan kondusifitas desanya masing–masing,” pinta bupati.

Sementara, Kapolres Kotamobagu AKBP Gani Fernando Siahaan mengatakan bahwa, setiap calon Kades punya kewajiban untuk menjaga keamanan di desa masing-masing. Dia berharap, deklarasi yang disampaikan bersama-sama, merupakan salah satu bentuk komitmen setiap calon Kades, untuk siap kalah dan siap menang.

“Sebagai contoh, apa yang dilakukan Presidein Joko Widodo usai Pilpres lalu, yakni merangkul Prabowo, bersatu demi menjaga kondisi dan ketuhuhan NKRI ini,” imbuh Gani.

Suasana ramah tama usai deklarasi damai Pilkades

Kepala Dinas PMD Bolmong Ahmad Yani Damopolii menambahakan, ikrar bersama ini merupakan bagian dari tahapan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019, yang akan diikuti  oleh 105 desa, dari 200 desa yang ada di Bolmong.

Deklarasi diikuti 363 orang calon Kades dari 105 desa. Para calon Kades itu telah melewati tahapan seleksi. Di antaranya tes tertulis, tes wawancara dan tes komunikasi yang digelar tim seleksi tingkat kabupaten.

“Tingkat pendidikan para calon kepala desa tersebut, didominasi berijazah SMA. Ada juga berijazah S1,” ungkap Yani.

(Advertorial/Agung)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here