MAP: Selamat HSN Tahun 2021, Santri Adalah Marwah Kemerdekaan Indonesia

0
306
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMUT — Setiap 22 Oktober seluruh santri di Indonesia akan memperingati Hari Santri Nasional. Sejak Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, Hari Santri Nasional selalu dirayakan setiap tahunnya. Untuk peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini mengangkat tema “Santri Siaga Jiwa Raga”.

22 oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia, yang kemudian melahirkan peristiwa heroik pada tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan. 

Mohammad Aditya Pontoh, kepada media ini mengatakan, santri merupakan bagian penting dan marwah atau kehormatan dari sejarah kemerdekaan Indonesia. Santri juga selama ini memiliki peran penting dalam menjaga persatuan Indonesia.

“Santri dan pesantren telah menjadi bagian sejarah kemerdekaan bangsa dan memiliki kontribusi besar dalam menjaga persatuan,” ucapnya.

Semoga dengan adanya pengesahan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang pesantren, yang kemudian dipermudah lagi oleh Presiden Joko Widodo, berupa Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren bisa berdampak positif bagi santri dan pesantren.

“Rekognisi, afirmasi dan fasilitasi dalam mengembangkan fungsi pendidikan, mengembangkan fungsi dakwah serta pemberdayaan masyarakat santri, merupakan bagian yang wajib diperhatikan,” jelas MAP sapaan akrabnya. 

(Awal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here