Wajah Ibu Kota Kabupaten Bolmong Bakal Berubah Total

0
992
Wajah Ibu Kota Kabupaten Bolmong Bakal Berubah Total
Pelaksanaan FGD tingkat Kabupaten Bolmong

BOLMORA.COM, BOLMONG – Wajah ibu kota Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), yang saat ini berpusat di Kecamatan Lolak bakal berubah total. Sebab, di sanalah akan hadir Kawasan Industri Mongondow (Kimong), perkantoran dan pariwisata. Hal itu sebagaimana terungkap dalam FGD penyusunan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) revisi RTRW Bolmong tahun 2014-2034, yang digelar di rumah makan Asrsyilla, Senin (19/10/2020).

Terungkap dalam FGD tersebut bahwa kawasan industri ada di daerah Pinagoluman dan Labuan Uki. Sedangkan kawasan perkantoran di daerah Dulangon.

Sekda Bolmong Tahlis Gallang dalam kesempatan tersebut mengatakan, KLHS ini adalah rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh dan partisipatif, untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah.

Menurutnya, hal yang paling prinsip dan mendasar dalam KLHS ini adalah kajian daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.

“Saya minta pembahasan ini langsung pada subtansi. Kita fokus pada inti pembahasannya, terkait kajian kota Lolak,” ucap Tahlis.

Ia pun memberi perumpamaan, ada hal–hal tertentu yang belum ada di RDTR, tapi di RTRW telah ada.

“Ini perlu didudukan bersama, dan dikaji bersama. Agar, ketika diajukan di DPRD tidak dimentahkan. Jika keduanya ada yang tidak dimasukkan, maka saya yakin ketika di DPRD tidak akan lolos,” ujarnya.

Untuk itu, Tahlis menegaskan, pembahasan lebih fokus dan tentu cepat tanpa menghilangkan substansi serta tidak melebar ke pembahasan lainnya.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here