Merah Putih Bakal Berkibar di Bawah Laut Boltim

0
375
Foto Ilustrasi Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah Laut
Merah Putih Bakal Berkibar di Bawah Laut Boltim
Advertisement

BOLMORA, BOLTIM – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), di Kabupaten Boltim bakal lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya.

Di momentum peringatan Prokalmasi Kemerdekaan RI tahun 2016 ini, Pemkab Boltim bukan hanya memeriahkannya dengan tradisi lebaran ketupat, tapi juga mengagendakan pengibaran bendera merah putih di bawah laut.

Aksi pengibaran bendera merah putih di laut Boltim, rencananya akan dilakukan oleh tiga penyelam asal Boltim, masing-masing Awaludin Umbola (Ketua KPU Boltim), Ikhlas Pasambuna (Camat Kotabunan), dan Iksan Pangalima (Kadis Perikanan dan Kelautan). Dalam proses pengibaran bendera nanti, direncanakan pula akan melibatkan para Mahasiswa Pecinta Alam (MPA).

Menurut Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Cabang Boltim Marthen Meruntu, saat ini pihaknya terus mematangkan persiapan pengibaran bendera merah putih bawah laut, yang akan dilaksanakan di lokasi pantai Luak, Desa Kotabunan Selatan.

“Sampai hari ini, persiapan sudah 90 persen rampung. Tinggal ada beberapa hal teknis lainnya yang sedang dipersiapkan. Untuk tim penyelam sudah siap 100 persen, setelah melakukan latihan selama beberapa pekan terakhir,” kata Marthen, Jumat (12/8/2016).

Menurut dia, pengibaran bendera di bawah laut akan dilaksanakan setelah selesai upacara kenegaraan pada tanggal 17 Agustus nanti. Untuk lebih mematangkan persiapan, pihaknya terus melatih personel yang dipersiapkan untuk membantu pengibaran bendera, baik di darat maupun di laut.

“Menyangkut strategi atau mekanisme pengibaran bendera, kita sudah menyiapkan dua tim yang akan diturunkan. Yang pasti kita siap melaksanakan tugas kenegaraan ini. Tentunya, semua akan terlaksana dengan baik berkat dukungan dan bantuan pemerintah daerah, masyarakat serta seluruh stacke-holder,” pungkasnya.

Dalam kesempatan bersua dengan awak media BOLMORA.COM, Marthen mengimbau kepada semua panitia terutama bidang-bidang kegiatan, untuk dapat bekerja sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

“Agar, rencana yang kita agendakan dapat terlaksana dengan baik dan sesuai harapan kita bersama,” imbuh Marthen.

Sementara itu Bupati Boltim Sehan Landjar, melalui juru bicara Hamdi Egam menyampaikan bahwa pemerintah daerah menyambut baik rencana kegiatan yang digagas pengurus POSSI Cabang Boltim, bersama panitia pelaksana.

“Pastinya pemerintah daerah mendukung sepenuhnya rencana tersebut. Sebab, kegiatan seperti ini baru pertama kali dilaksanakan di Boltim, dan ini merupakan kegiatan yang bertaraf nasional bahkan internasional,” cetus Egam.

Demi kelancaran kegiatan tersebut, Egam mengajak seluruh komponen masyarakat Boltim agar dapat bersama-sama menyukseskan agenda yang mulia ini.

“Diharapkan, melalui momentum pengibaran bendera di bawah laut ini, Boltim akan lebih dikenal luas. Sehingga, potensi pariwisata yang dimiliki daerah kita akan dikenal, baik di kanca nasional maupun internasional. Itu juga akan membuka peluang investasi bagi daerah,” lugasnya.(mg5/gun’s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here