Gelar Aksi Unjuk Rasa, Geram Tuding Program Bupati Buol Gagal

0
1501
Gelar Aksi Unjukrasa, Geram Tuding Program Bupati Buol Gagal
Massa aksi Geram saat menyampaikan orasi di depan pasar sentral Kelurahan Buol, Senin (06/07/20)
Advertisement

BOLMORA.COM, BUOL  – Puluhan warga yang mengatasnamakan gerakan rakyat menggugat (Geram) menggelar aksi unjuk rasa. Aksi yang berlangsung pada Senin (6/7/2020) itu, massa Geram menyoroti sejumlah program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol, yang dinilai mangkrak.

Korlap aksi Geram Sofyan Yusuf, dalam orasinya membeberkan sejumlah kebijakan Pemkab Buol yang masuk dalam program unggulan. Di antaranya di sektor peternakan, pertanian, serta sektor agraria, hingga soal minimnya lapangan pekerjaan.

“Sederatan program yang semuanya mangkrak mulai dari P3K, One Man One Cow, Taura (Tanah untuk rakyat), termasuk program di sektor perikanan. Semua itu hanya merupakan program semata tanpa realisasi jelas,” ujar Sofyan.

Menurut dia, atas mangkraknya sejumlah program tersebut, berbagai permasalahan kini dirasakan oleh masyarakat di daerah itu. Mulai dari sulitnya ekonomi hingga minimnya lapangan pekerjaan. Bupati pun dinilai telah gagal dalam mengemban amanah kepercayaan rakyat.

“Akibatnya, saat ini telah terjadi eksodus masyarakat secara besar-besaran ke luar daerah, untuk mencari pekerjaan. Karena, di Buol masyarakat sangat sulit mendapatkan lapangan pekerjaan,” sebutnya.

Sofyan juga menegaskan, gerakan aksi demo yang dilakukan bukanlah yang terakhir.

“Ke depan, Geram akan kembali melakukan aksi unjuk rasa yang sama, dengan massa yang lebih besar lagi,” tergasnya.

Senada orator lainnya, Widiastuti Mangge menambahkan, kondisi ekonomi Kabupaten Buol saat ini begitu sulit, dikarenakan program unggulan Pemkab Buol dinilai merupakan kebijakan yang tidak pro rakyat.

“Bahkan, hingga kini tidak terlihat adanya pembangunan yang signifikan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan,” kata Widiastuti.

Selain melakukan aksi unjuk rasa, massa Geram yang mengusung tema “Keprihatinan atas Kondisi Daerah Saat ini,” juga menggelar mimbar bebas. Aksi ini mendapat pengawalan pihak Kepolisian Resort (Polres) Buol.

Selama aksi unjuk rasa berlangsung, puluhan massa Geram menyampaikan aspirasi. Di mulai dari pasar Kampung Bugis, pasar sentral Kelurahan Buol, depan rumah raja Buol, kantor DPRD Buol, Mapolres Buol, selanjutnya melakukan konvoi dalam kota Buol, dan berakhir di kantor Bupati Buol.

(Syarif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here