2 Oknum Polhut Diduga Minta Uang ke Pemilik Kayu

0
262
Advertisement

2 Oknum Polhut Diduga Minta Uang ke Pemilik Kayu

Bolmora, Bolmut – Tidakan tidak terpuji diperlihatkan oleh dua oknum anggota Polisi Hutan (Polhut) di Kabupaten Bolmut. Saat melakukan operasi, diduga dua anggota Polhut  tersebut meminta uang kepada pemilik kayu yang disinyalir illagal.

Informasi yang diperoleh tim Bolmora.com, dari Kapolsek Urban Kaidipang Kompol Teddy Pontoh, pemerasan terhadap pemilik kayu yang berinisial MR alias Marten, warga Woloan Kecamatan Tomohon Kota Tomohon, terjadi pada Rabu (22/06/2016), sekitar pukul 01.00.Wita. Beberapa personel Polhut mendatangi lokasi pengangkutan kayu yang diduga illegal di Desa Soligir, Kecamatan Kaidipang. Kayu tersebut rencanaya akan dibawa ke Kota Tomohon. Namun, sesampainnya di Tempat Kejadian Perkara (TKP), oknum Polhut bukan menanyakan dokumen kepemilikan kayu, malah diduga justeru meminta sejumlah uang kepada pemilik kayu tanpa alasan jelas.

“Dari hasil pemeriksaan, pemilik kayu mengaku ada dua oknum Polhut yang dating bernegosiasi meminta uang sebesar Rp3 juta. Tapi oleh pemilik kayu menolak untuk memenuhinya,” jelas Pontoh, melalui telepon genggam, Kamis (23/06/2016).

Lantaran tidak ada kata sepakat antara dua oknum Polhut dan pemilik kayu, alhasil mobil Truck DB 8297 GC bermuatan kayu 9,8 kubik jenis rimba campuran yang saat itu dikemudikan Joutje Walter (38), warga Woloan II, Kecamatan Tomohon, langsung diarahkan ke Koramil Kaidipang.

“Karena, sebelumnya ada personel Polhut yang sempat menghubungi anggota Koramil Kaidipang, maka Truck tersebut diarahkan ke sana. Namun, tak berselang lama barang bukti bersama tersangka segera dibawa ke Polsek Kaidipang untuk dilakukan pemeriksaan,” kata Pontoh.

“Saat ini barang bukti dan tersangka sudah diamankan dan sedang dalam proses penyelidikan. Selanjutnya akan dikoordinasikan dengan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Boroko dan intansi terkait untuk penanganan kasus selanjutnya,” tambah mantan Kapolsek Kotabunan ini.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan Kehutanan dan Perkebunan (Dispertanakhutbun) Bolmut, melalu Kepala Bidang Kehutanan Daniel Palilu, mengaku belum mengetahui kasus tersebut.

“Saya belum tahu soal itu. Saya hanya mendapat laporan dari salah satu anggota Polhut kalau ada operasi penangkapan satu Truck kayu,” ucap Palilu.(frian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here