Advertorial

DPRD Bolmong Gelar Rapat Paripurna PAW Dua Aaleg

BOLMORA.COM, ADVERTORIAL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (25/5/2021), menggelar rapat paripurna pergantian antar waktu (PAW) terhadap dua anggota legislatif (Aleg) dari Partai Golkar, yang meninggal dunia Masa Bakti 2019-2024.

Kedua anggota dewan yang secara resmi dilantik melalui pengambilan sumpah janji ini di antaranya, Dyas Potabuga menggantikan Almarhum Marthen Tangkere, dari daerah pemilihan (Dapil) dua, dan Mahrin Lolung menggantikan Almarhum Abdul Kadir Mangkat (AKM), dari dapil empat.

Suasana Rapat Paripurna PAW terhadap dua Anggota DPRD

Rapat paripurna yang berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Bolmong itu dipimpin langsung Ketua DPRD Bolmong Wlty Komaling, dihadiri anggota DPRD, serta Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, dan Wakil Bupati Yani Rony Tuuk, serta Sekda Bolmong Tahlis Gallang, dan unsur Forkopimda, serta pimpinan SKPD.

Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, berpesan bahwa sumpah jabatan itu akan dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Jabatan ini juga amanah yang harus diemban dan memperjuangkan kesejahteraan rakyat, serta menyerap aspirasi masyarakat,” pesannya.

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, atas nama pribadi, keluarga dan masyarakat Bolmong mengucapkan selamat kepada dua anggota DPRD yang baru dilantik.

Yasti berpesan agar anggota DPRD PAW yang baru saja dilantik tetap menjalankan tugas dengan penuh amanah.

“Selamat bertugas dan berkarya demi amanah rakyat,” ucapnya.

Tampak Dyas Potabuga, usai pengambilan sumpah janji

Menurutnya, PAW merupakan proses politik yang harus dilakukan sebagai upaya pemenuhan kelengkapan DPRD.

“Ini juga dilakukan agar anggota DPRD bisa optimal dalam menjalankan tugasnya, dan untuk berkolaborasi, serta ke depan hubungan antara legislatif dan eksekutif bisa lebih baik,” kata Yasti.

Ia mengatakan, kemajuan suatu daerah bisa dilaksanakan secara optimal kalau seluruh stakeholder saling bersatu, bergotong royong dan bersinergi, serta saling bergandengan tangan menuju satu tujuan, untuk membangun Kabupaten Bolmong kearah yang lebih baik.

“Dengan dilantiknya Dyas Potabuga dan Mahrin Lolung, saya harap segera menyesuaikan diri demi mengemban amanah rakyat,” imbuh Yasti.

Selain itu, bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Almarhum Hi. Abdul Kadir Mangkat, dan almarhum Marthen Tangkere, yang telah memberikan sumbangsih pikiran, tenaga serta jasa dan pengabdian, selama empat periode menjadi anggota DPRD Kabupaten Bolmong.  

“Semoga jasa serta pengabdian yang telah diberikan kepada daerah ini akan dicatat oleh yang maha kuasa sebagai amal ibadah, dan semoga keluarga yang ditinggalkan oleh kedua almarhum senantiasa diberikan kesabaran dan keikhlasan oleh Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa,” ungkap bupati. 

Sementara, Dyas Potabuga saat diwawancara usai dilantik, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu sehingga terlaksananya pelantikan dirinya bersama anggota DPRD Mahrin Lolung.

“Terutama kepada Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, dan Wakil Bupati Yani Rony Tuuk, serta Sekda Bolmong Tahlis Gallang, yang turut hadir dan menyaksikan proses pelantikan. Ini tugas dan amanah rakyat, mudah-mudahan saya akan bisa melanjutkan perjuangan almarhum Marthen Tangkere, demi perjuangkan aspirasi rakyat kepada pemerintah daerah. Terutama aspirasi masyarakat di dapil dua Bolaang bersatu dan Poigar,” kata Dyas.

Tampak Mahrin Lolung, usai pengambilan sumpah janji

Ia pun mengatakan, akan segera menyesuaikan dalam alat kelengkapan dewan (AKD), yang sementara saat ini dipercayakan partai di Komisi 1 DPRD Bolmong, yang sebelumnya ditempati oleh almarhum Marthen Tangkere. 

Saat disinggung, soal jabatan pimpinan Komisi 1 DPRD Bolmong, merupakan jatah Fraksi Golkar, yang sebelumnya dijabat oleh almarhum Marthen Tangkere. Dyas menjawab, semuanya tergantung partai yang akan memberikan kepercayaan.

“Jika partai berikan tugas mau tidak mau sebagai kader harus siap menjalankan kepercayaan tersebut,” pungkas Dyas.

Ditempat yang sama, Mahrin menyatakan berkomitmen untuk menjalankan amanat sebagai penyambung lidah rakyat Bolmong.

“Mudah-mudahan saya akan bisa melanjutkan perjuangan almarhum Abdul Kadir Mangkat. Inshaallah kedepan apa yang menjadi program dan tanggungjawab kami sebagai Anggota Dewan sesuai dengan sumpah jabatan akan kami laksanakan,” kata Mahrin.

Dengan dilantiknya Kedua Politisi Golkar Mahrin Lulong bersama Dyas Potabuga menjadikan jumlah anggota DPRD Bolmong saat ini lengkap berjumlah 30 dari sebelumnya 28 anggota.

(Advertorial/Agung)

Gunady Mondo

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010 (Wartawan UKW UTAMA: 9971-PWI/WU/DP/XI/2021/21/10/79)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button