Pengurusan Sertifikat UKM Gratis

0
274
Advertisement

Pengurusan Sertifikat UKM Gratis

Bolmora – Bolmong

Para sangadi (Kepala desa,red) di seluruh wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) diminta agar dapat membantu para pelaku usaha kecil di wilayahnya masing-masing, untuk menerbitkan keterangan usaha. Pasalnya, saat ini Pemkab Bolmong melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop dan UKM), memprogramkan pengusuran sertifikat usaha secar gratis. Syaratnya pun mudah, masyarakat hanya menyiapkan surat keterangan usaha kepada pemerintah desa, yang mana benar-benar mempunyai usaha dan akan mebgurus izinnya.

Dikatakan Kepala Dikop dan UKM Hamri Binol, kebijakan ini dilakukan guna meningkatkan UKM di wilayah Kabupaten Bolmong.

“Program ini memang dikhususkan untuk para pelaku UKM. Seperti, usaha kios, rumah makan, konter pulsa dan lain-lain yang berkaitan dengan UKM,” ungkapnya.

Saat ini, Diskop dan UKM sudah menurunkan tim untuk mendata para pelaku usaha di Bolmong. Olehnya, diharapkan pemerintah desa dapat membantu dalam proses pendataan.

“Pengurusan sertifikat usaha ini merupakan program gratis dari pemerintah. Saya berharap pemerintah desa dapat mendukung program ini. Sebab, ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan usaha para pelaku UKM,” ucapnya.

Meski begitu, program sertifikat gratis ini hanya terbatas. Tidak semua pelaku usaha yang mendapatkan program tersebut.

“Khusus di tahun anggaran 2016 ini, setiap desa akan didata dan dijatah masing-masing 20 pelaku usaha, dan sisanya akan diakomodir pada tahun depan melalui program yang sama,” jelas Binol.(mg-02/gm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here