Pansus LKPj Minta Kinerja SKPD Jongkok Ditingkatkan

0
Pansus LKPj Minta Kinerja SKPD Jongkok
Advertisement

Pansus LKPj Minta Kinerja SKPD Jongkok Ditingkatkan

Kotamobagu, MS

Panitia Khusus (Pansus) LKPj tahun anggaran 2015 Wali Kota Kotamobagu geram dengan kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu yang belum memaksimalkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal itu terungkap dari pembahasan Pansus LKPj bersama Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Senin (9/5).

Meskipun telah melampaui target yang diterapkan pada tahun 2015 sebesar Rp29,5 miliar, yakni terealisasi hingga 31 Desember mencapai angka Rp30 miliar atau 101,52 persen, namun Pansus meminta agar kinerja dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang masih anjlok PAD-nya untuk lebih ditingkatkan.

Dinas Tata Kota (Distakot) misalnya, dari target Rp1,1 miliar, yang terserap hanya Rp583 juta atau 49,9 persen. Demikian juga dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) yang hanya mampu mencapai 74,95 persen atau Rp315 juta dari target Rp420 juta.

“Ada beberapa yang keliru dalam LKPj, salah satunya adalah PAD. Memang realisasinya melebihi target tahun lalu, tapi banyak sektor yang belum tergarap, kemudian ada juga SKPD yang tak 100 persen capaiannya,” kata Ketua Pansus, Meydi Makalalag.

Ketua DPC PDIP itu mengungkapkan, PAD adalah salah satu faktor penentu kesuksesan pembangunan daerah. Hal ini sebagaimana filosofi PAD yang didapat dari masyarakat, dan akan dikembalikan juga ke masyarakat.

“Sehingga itu PAD harus dimaksimalkan,” tegas Meydi.

Terkait agenda Pansus selanjutnya, Meidy mengakui masih akan melakukan rapat internal untuk perampungan hasil pembahasan dan peninjauan lapangan. “Kita masih akan rapat internal dulu,” tutup Meidy.(mg-01/ady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here