Hasil Surat Edaran Kemenkeu Kabupaten Bolmut Lolos dari Daftar SP, Kepala BPKD Ucapkan Syukur Alhamdulillah

0
Aplikasi SIPD Terkendala Teknis, APBD 2021 Kembali Gunakan Sistem Simda Keuangan
Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sirajudin Lasena, SE.

BOLMORA.COM, BOLMUT — Berdasarkan surat edaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia dengan nomor S-14/MK.7/2021 yang mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 tahun 2005 tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) sebagaimana telah diubah dengan PP 65 tahun 2010, dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 04/PMK.07/2011 tentang tata cara penyampaian Informasi Keuangan Daerah (IKD) yang berkenaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021, maka sebanyak 321 daerah se-Indonesia dapat Surat Peringatan (SP) dari Kemenkeu terkait keterlambatan menyampaikan APBD Tahun 2021.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Bolmut Sirajudin Lasena, SE.M.Ec.Dev, pada media Bolmora.com, Selasa (16/02/2021).

“Alhamdulillah, Kabupaten Bolmut tidak termasuk dalam daftar daerah yang kena peringatan karena terlambat menyampaikan APBD 2021,” Ucap Lasena penuh syukur.

Lasena melanjutkan, sesuai amanat peraturan yang saya sebutkan diatas, diatur bahwa setiap daerah menyampaikan IKD berupa APBD Kepada Menteri Keuangan paling lambat tanggal 31 Januari. Apabila sampai tangal 31 Januari Daerah tidak menyampaikan maka Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan atas nama Menteri Keuangan akan memberikan peringatan tertulis.

“Selanjutnya jika 30 hari setelah peringatan tertulis, daerah yang dimaksud belum juga menyampaikan maka akan di kenakan sanksi berupa penundaan penyaluran DAU atau DBH sebesar 25 persen setiap bulannya hingga dipenuhinya kewajiban Daerah dalam menyampaikan APBD,” jelas Lasena.

Berikut Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang kena Surat Peringatan dari Kemenkeu Republik Indonesia :

1. Kabupaten Bolaang Mongondow

2. Kabupaten Minahasa

3. Kabupaten Sangihe

4. Kota Bitung

5. Kota Manado

6. Kabupaten Talaud

7. Kabupaten Minahasa Selatan

8. Kota Tomohon

9. Kabupaten Minahasa Utara

10. Kabupaten Kep. Siau Tagulandang Biaro

11. Kota Kotamobagu

12. Kabupaten Minahasa Tenggara

13. Kabupaten Bolaang Mongondow Timur

(Awall)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here