Kuras Uang Rp15 Juta dari ATM Korban, Yon Ditangkap Tim Resmob Polres Kotamobagu

0
1372
Kuras Uang Rp15 Juta dari ATM Korban, Yon Ditangkap Tim Resmob Polres Kotamobagu
Kapolres Kotamobagu didampingi Wakapolres dan Kasat Reskrim melakukan konferensi pers
Advertisement

BOLMORA.COM, HUKRIM – Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Kotamobagu berhasil mengungkap dan menangkap warga Desa Suwawa, Gorontalo bernisial BN alias Yon (57). Yang bersangkutan merupakan tersangka (TSK) pelaku pencurian uang dengan cara menghipnotis target.

Korbannya berinisial SY (47), warga asli Nganjuk Jawa Timur, yang berdomisili di Desa Togid, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), diduga telah dihipnotis dan uang miliknya diambil oleh TSK. Itu terjadi di ATM BRI Cabang Kotamobagu.

Dalam konferensi pers, Kapolres Kotamobagu AKBP. Irham Halid S.I.K, menjelaskan kronologi kejadian tersebut.

“Pada hari Senin tanggal 3 kemarin, sekira pukul 07:30 WITA korban berada di TKP melakukan transaksi. Saat itu TSK berdiri tepat di belakang korban, dan langsung menepuk pundaknya. Kemudian, TSK meminta tolong untuk mentransfer uang kepadanya sebesar Rp200 ribu, tapi korban sempat menolaknya. Akan tetapi, Ia menuruti permintaan TSK,” jelasnya.

Lanjut, TSK yang masih berdiri di belakang korban pun mengintip nomor PIN ATM yang ditekan oleh korban. Usai melakukan transaksi, TSK minta izin untuk melihat kartu ATM milik korban dengan maksud mencocokan kartu ATM korban dan miliknya. Tanpa disadari korban, ATM miliknya telah ditukar dengan ATM milik korban. 30 menit berselang, korban menerima pemberitahuan lewat SMS Banking, di mana rekening ATM milik korban sudah terjadi transfer dan beberapa kali transaksi penarikan uang hingga mencapai total Rp15.400.000.

Mengetahui uang miliknya telah dikuras, korban langsung melapor ke Polres Kotamobagu. Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Kotamobagu yang dipimpin langsung oleh AKP Angga Maulana S.I.K, SH, MH, langsung memburu pelaku berbekal alat bukti rekaman CCTV dan print out rekening korban, serta kerja Sama dengan Kepolisian wilayah Gorontalo.

“Akhirnya TSK berhasil ditangkap pada Rabu (5/1/2022) di Desa Bubeya Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo,” ungkap Kapolres.

Ada pun barang bukti yang diamankan dari tangan TSK, 2 buah handphone, 2 buah kartu ATM, dan 2 buah buku tabungan.

“TSK dijerat pasal pencurian, pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” sebutnya.

Kapolres Kotamobagu juga menyampaikan bahwa kasus ini didalami dan dilakukan pengembangan akan adanya kemungkinan pelaku atau jaringan lain yang masih beroperasi di wilayah Sulawesi Utara (Sulut) khususnya di Kota Kotamobagu, maupun di daerah lain.

“Atas kejadian ini, masyarakat kami imbau untuk tetap waspada dengan modus-modus penipuan dan pencurian dengan cara seperti yang berlaku saat ini. Jangan mudah percaya dengan orang asing yang belum kita ketahui jelas identitasnya,” imbau mantan Kapolres Boltim ini.

(*/Nisar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here