Bupati Bolmut Paparkan Indikator Capaian Kinerja Saat Membuka Kegiatan Penerapan Sistem Merit

0
33
Bupati Bolmut Paparkan Indikator Capaian Kinerja Saat Membuka Kegiatan Penerapan Sistem Merit
Foto 1: Kegiatan Penerapan Sistem Merit dan e-Kinerja Tahun 2021 di Lingkungan Pemkab Bolmut
Advertisement

BOLMORA.COM, ADVERTORIAL – Bertempat di ruang rapat, Rabu (13/1/2021),  Bupati Bolmut Depri Pontoh, secara resmi membuka kegiatan Penerapan Sistem Merit dan e-Kinerja Tahun 2021 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut, secara daring/zoom meeting.

Dalam sambutannya, buapti menyapaikan selamat datang dan selamat bergabung dalam forum sosialisasi secara virtual kepada seluruh peserta, terlebih khusus kepada kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XI Manado.

Foto 2: Kegiatan Penerapan Sistem Merit dan e-Kinerja Tahun 2021 di Lingkungan Pemkab Bolmut

Bupati menjelaskan, substansi pelaksanaan sistem merit dan penerapan aplikasi e-Kinerja adalah sebagai wujud perbaikan tatanan manajemen kepegawaian yang spesifaksinya pada pelaporan kinerja individu pegawai, dan kemudian bermuara pada pencapaian target kerja program dan kegitan pemerintah daerah.

Dikatakan, berdasarkan Undang-undang Nomor: 5 tahun 2014, tentang aparatur sipil negara (ASN), disebutkan bahwa pengelolaan ASN dilaksanakan dengan mengunakan sistem merit yang berdasarkan pada kinerja, kompetensi, dan kualifikasi.

Foto 3: Kegiatan Penerapan Sistem Merit dan e-Kinerja Tahun 2021 di Lingkungan Pemkab Bolmut

Dijelaskan juga bahwa, sesuai dengan indikator capaian kinerja yang memiliki tujuan. Di antarannya, yang pertama mengukur dan memantau kinerja ASN secara periodik. Kedua, sebagai salah satu data acuan pemberian tunjangan kinerja yang di terima pegawai, dan yang ketiga memetakan kinerja ASN dalam sistem merit.

Pun berdasarkan tujuan sebagimana di atas, maka tuntutan aplikasi e-Kinerja menjadi hak yang sangat mendesak untuk diterapkan di lingkungan pemerintah daerah, sebagai sistem informasi bagi pimpinan perangkat daerah dalam mengukur kinerja ASN. Sehingga, dapat meningkatkan produktifitas kinerja ASN sebagai bagian dari reformasi birokrasi yang memiliki kemapuan, pengatahuan dalam setiap tuagas dan tanggung jawab sebagai ASN.

Foto 4: Kegiatan Penerapan Sistem Merit dan e-Kinerja Tahun 2021 di Lingkungan Pemkab Bolmut

Menurut bupati dua periode ini, ASN saat ini harus tetap memegang prinsip bahwa tugas kita semua adalah melayani sesuai dengan beban dan karakeristik untuk senatiasa berinovasi, guna meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan yang baik bagi masyarakat.

Diakhir sambutannya, bupapti menyapaikan bahwa, mengingat fungsi ASN sangat strategis dalam pemerintahan, maka diminta kepada seluruh pimpinan perangkat daerah agar senatiasa mengelola ASN di lingkungan instansi masing-masing dengan baik dan profesional. Khususnya kepada Badan Kepagawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bolmut, dalam pengelolaan ASN wajib dilaksanakan berdasarkan norma, standar, prosedur dan kriteria (NSPK) manajemen ASN berbasisi sistem merit, dan pembinaan ASN yang bermuara pada penigkatan pelayanan publik yang efisien, efektif dan akuntabel dapat terwujud.

Turut dalam kegiatan ini, Kepala BKN Regional XI Manado Dedi Herdi, Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena, Sekda Bolmut  Asripan Nani, para asisten, staf ahli bupati, dan para pimpinan SKPD, serta camat se-Kabupaten Bolmut.

(Advertorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here