4 Terdakwa Kasus Tipikor TPA Bolmut Divonis Bersalah, Berikut Amar Putusannya

0
96
4 Terdakwa Kasus Tipikor TPA Bolmut Divonis Bersalah, Berikut Amar Putusannya
Kasie Pidsus Kejari Bolmut Wiwin B. Tui, S.H

BOLMORA.COM, HUKRIM – Perkara Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pengadaan lahan untuk pelaksanaan pembangunan kepentingan umum yang digunakan sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Tahun Anggaran 2009 masuk babak akhir, dengan amar putusan yang telah disampaikan pada agenda sidang, pada Kamis (7/1/2021), Pengadilan Tinggi Manado.

Keempat terdakwa masing-masing inisial (RP) mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut, (SP) mantan Kepala Bagian Hukum Bolmut, (LD) mantan Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah, dan (HD) pensiunan ASN, oleh hakim dinyatakan bersalah dan merugikan uang negara.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Bolmut Wiwin B. Tui, S.H mengatakan, vonis tersebut tidak sesuai dan lebih ringan dari tuntutan JPU pada setiap agenda sidang.  Oleh karen itu, selain pidana kurungan penjara, keempat terdakwa juga memiliki kewajiban membayar denda dengan subsider satu sampai dua bulan kurungan. Atas putusan itu, sikap JPU menyatakan pikir-pikir tujuh hari ke depan sejak pembacaan amar putusan.

“Poin pokok dari amarnya yaitu para terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi,” tegas Wiwin.

Dia menjelaskan, atas perkara tersebut, JPU memandang para terdakwa menyalahi wewenang jabatan untuk mendulang keuntungan dan memperkaya diri sendiri, dengan kerugian negara kurang lebih Rp768.110.000.

Kata Wiwin, besar kemungkinan kasus ini juga akan berkembang, dan bisa saja ada tambahan tersangka dikemudian hari.

“Saat ini para terdakwa berada di Rutan Malendeng Manado,” tandasnya.

Berikut Amar putusan keempat terdakwa kasus TPA Bolmut tahun 2009

1. (RP) : Amar putusan 1 tahun 10 bulan dan denda 50.000 Juta Rupiah subsider satu bulan.
2. (SP) : Amar putusan 1 tahun 6 bulan dan denda 50.000 Juta Rupiah subsider satu bulan.
3. (LD) : Amar putusan 2 tahun 6 bulan dan denda 50.000 Juta Rupiah subsider satu bulan.
4. (HD) : Amar putusan 4 tahun dan denda 200.000.000 Juta Rupiah subsider dua bulan.

(Awall)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here