Ratusan Koperasi di Bolmong Tidak Memiliki NIK

0
Ratusan Koperasi di Bolmong Tidak Memiliki NIK
Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bolmong Sofyanto

BOLMORA.COM, BOLMONG – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mencatat hanya 50 koperasi dari 327 koperasi yang memiliki Nomor Induk Koperasi (NIK), seperti yang tercatat dalam aplikasi Citrix. 

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Bolmong Sofyanto Mamonto menerangkan, dari 372 koperasi yang tercatat hanya 102 yang aktif. Dan dari 102 koperasi yang aktif, hanya 50 koperasi yang memiiki NIK, seperti yang tercatat di aplikasi Citrix.

“Dari 102 yang aktif hanya enam yang dinilai sehat,” katanya.

Dijelaskan, syarat untuk menjadi koperasi yang bisa dikatakan aktif dan sehat adalah koperasi yang selalu melakukan rapat anggota tahunan (RAT) setahun sekali. Sebab, RAT merupakan forum tertinggi dalam koperasi untuk memutuskan perjalanan koperasi kedepannya, sekaligus salah satu kewajiban bagi pengurus untuk mempertanggung jawabkan amanah yang diemban dan salah indikator koperasi sehat.

Sebelumnya, Dinas Koperasi dan UKM pada bulan November 2019, sudah turun lapangan untuk melakukan pendataan dan pengecekan di semua koperasi. Dalam kunjungan tersebut, Dinas Koperasi dan UKM memberikan dealine waktu hingga 27 Januari, untuk memasukan semua berkas terkait aktivitas koperasi.

“Batas waktu pemasukan berkas 27 Februari. Jika tidak memasukan berkas sesuai waktu yang ditentukan maka akan diberikan sanski, yakni berupa pembekuan,” tergas Sofyano. 

Beriku enam koperasi yang dinyatakan sehat:  

1. KSU Widya Buana yang berkantor di Desa Amerta Sari Kecamatan Dumoga Timur dengan 6 jumlah pengurus dan memiliki 28 anggota.
2. KSU Karya Marga beralamat di Desa Mopugat Kecamatan Dumoga Utara dengan yang memiliki 6 jumlah pengurus dan memiliki 52 anggota.
3. Koperasi TKBM Perintis Bahari beralamatkan di Desa Labuan Uki Kecamatan Lolak, dengan 8 jumlah pengurus dan memiliki 128 anggota. 
4. KPN Molosing beralamatkan di Desa Mongkoinit Kecamatan Lolak dengan 6 jumlah pengurus yang memiliki 27 orang anggota.
5. Kopenhut Bukit Cempaka beralamatkan di Desa Maelang Kecamatan Sangtombolang dengan 6 jumlah pengurus dengan 25 anggota.
6. Koprod Potaladan Jaya yang beralamat di Desa Mopait Kecamatan Lolayan dengan 8 jumlah pengurus dan memiliki 30 orang anggota.   

(Agung)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here