Pemkab Buol Siapkan Lima Skenario Atasi Covid-19

0
94
Pemkab Buol Siapkan Lima Strategi Atasi Covid-19
Rakor tindaklanjut evaluasi pelaksanaan penegakan hukum protkes dan sosialisasi ketentuan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020-2021, diaula lantai II kantor Bupati, Senin (28/12/20). Foto : Istimewa
Advertisement

BOLMORA.COM, BUOL – Pemkab Buol membuat lima skenario sebagai strategi dasar untuk menguatkan penanggulangan pencegahan penyebaran pandemic virus corona disease oleh tim gugus tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Buol.

Lima strategi penanganan Covid-19 itu, diungkapkan Bupati Buol Amirudin Rauf dalam Rakor tindaklanjut evaluasi pelaksanaan penegakan hukum protkes dan sosialisasi ketentuan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020-2021, bertempat diaula lantai II kantor Bupati, Senin (28/12/20).

“Saya minta lima strategi tadi disiapkan, kita akan sampaikan pada saat rapat paripurna nanti. Ini sangat penting dengan tingkat operasional siapkan semua strateginya dan jelas untuk dilaksanakan oleh masing-masing sector,”terang Bupati.

Bupati menjelaskan, strategi pertama membuat roadmap, seperti pada saat proses pencegahan covid-19 yang telah dilakukan sebelumnya oleh Pemkab Buol.

“Strategi peningkatan sistim kekebalan tubuh. Maka Dinas kesehatan dan rumah sakit harus lebih giat melakukan sosialisasi terkait sistim kekebalan tubuh. Implementasikan dalam bentuk kegiatan apa yang harus dilakukan oleh kita semua untuk mencapai itu,”terang Bupati.

Strategi ketiga, lanjutnya adalah strategi peningkatan kapasitas Dinkes. Olehnya Dinkes harus mampu memanfaatkan dana BOK. Siagakan semua puskesmas yang benar-benar siap terutama dalam hal operasional dan professional.

“Strategi keempat peningkatan ketahanan pangan dan industri. Terakhir, strategi peningkatan jaring pengamanan sosial,”terang Amirudin.

Lanjut Amirudin menuturkan mengingat saat ini sejumlah daerah di Sulteng kasus Covid-19 meningkat, Bupati berharap kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Buol untuk dapat mempertahankan posisi zero kasus covid-19 di daerah itu.

“Kita harus betul-betul jaga hal ini. Apalagi sudah mulai ada varian baru dari virus corona. Varian baru ini memang belum ada penelitian bisa lebih ganas namun daya jangkit atau daya serangnya bisa lebih kuat,”pungkas Amirudin.

Sementara itu turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekab Buol, Kapolres Buol, Pabung 1305/BT, Asisten Pemerintahan, Kadis Kesehatan, Kadis Perhubungan, Kepala Bappeda, Kadis DLH, dan Direktur RSUD Mokoyurli Buol, Kabag hukum serta Camat Biau.

(Syarif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here