Simulasi Pengamanan TPS Pilgub Sulteng Tekankan Protkes

0
473
Simulasi Pengamanan TPS Pilgub Sulteng Tekankan Protkes
Proses mediasi petugas kepolisian kepada salah seorang pengunjuk rasa yang memaksa masuk ke TPS untuk melakukan pencoblosan pada waktu pemungutan suara telah berakhir, dalam adegan simulasi di Polres Buol, Selasa (01/12/20). Foto : Istimewa/by : Syarif

BOLMORA.COM, BUOL – Polres Buol menggelar simulasi pengamanan voting day Pilgub Sulteng 9 Desember 2020 mendatang di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Simulasi berlangsung di halaman samping aula Pendopo Polres Buol turut dihadiri oleh KPU dan Bawaslu Kabupaten Buol, Selasa (01/12/20).

Karena Pilgub Sulteng digelar di masa pandemi Covid-19. Simulasi terbilang berbeda dengan simulasi pengamanan pemilu sebelumnya pada adegan hari pencoblosan di TPS.

Secara umum proses simulasi digambarkan bagaimana penerapan protokol kesehatan di TPS. Diperagakan bagaimana petugas pemungutan suara mengarahkan pemilih mencuci tangan ditempat yang sudah disediakan kemudian dilakukan pengecekan suhu tubuh.

Kemudian juga ada adegan pemilih yang tiba-tiba pingsan, petugas di TPS langsung menghubungi tim medis. Selanjutnya petugas kesehatan mendatangi TPS untuk memberikan pertolongan kepada pemilih yang pingsan.

Setelah proses pemungutan suara selesai, selanjutnya peragaan diwarnai adegan aksi unjuk rasa. seorang pemilih yang memaksa untuk mencoblos sementara proses pemungutan suara telah berakhir atau sudah memasuki tahap perhitungan.

Polisi kemudian menunjukan tindakan dan langkah penanganan yang berjalan damai sampai jika terjadi anarkis. Simulasi terakhir ditutup dengan aksi pengamanan oleh kepolisian dari personil Polres Buol yang mengurai kerusuhan masa.

“Simulasi kali ini memang berbeda karena Pilkada digelar di tengah pandemi sehingga titik penekanannya berbedah. Selain pengamanan juga ada penerapan protokol kesehatan,”terang Kapolres Buol AKBP Dieno Hendro Widodo.

Sebelumnya, simulasi pengamanan proses pemungutan suara di TPS diawali pemberian materi di ruang aula Pendopo Polres Buol oleh Ketua KPU Buol Alamsyah, Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Buol Sumarlin, serta Kabag Ops terkait teknis pemungutan suara di TPS di tengah pandemi Covid-19 dan proses pengamanan di TPS.

(Syarif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here