Penjelasan Fransiscus Andi Silangen Terkait Bimtek Peningkatan Kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut

0
423
Penjelasan Fransiscus Andi Silangen Terkait Bimtek Peningkatan Kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut
Ketua DPRD Provinsi Sulut Fransiscus Andi Silangen
Advertisement

BOLMORA.COM, SULUT – Ketua DPRD Provinsi Sulut Fransiscus Andi Silangen mengungkapkan, DPRD merupakan sebuah institusi atau lembaga perwakilan untuk rakyat di daerah, berkedudukan sebagai suatu unsur penyelenggaraan di dalam pemerintahan daerah, yang berdampingan dengan pemerintah daerah.

“DPRD memiliki beberapa fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. Sehubungan dengan fungsinya itu, maka DPRD mempunyai hak dan kewajiban, serta tugas dan wewenang, baik secara individual maupun institusional. Hah terkait hal itu, maka DPRD Provinsi Sulut menggelar Bimtek dalam rangka peningkatan kapasitas,” jelas Fransicus, saat dikonfirmasi terkait pelaksanaan Bimtek Peningkatan Kapasitas pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sulut, 11 sampai dengan 13 November 2021 baru-baru ini, di Provinsi Bali.

Dikatakan Fransiscus, Bimtek bagi anggota DPRD merupakan kebutuhan yang bertujuan untuk mengoptimalisasi fungsi dan wewenang DPRD dalam proses penyusunan dan penetapan APBD Tahun Anggaran 2022 mendatang, yang tahapannya sudah mulai dilaksanakan.

“Bimtek DPRD bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan bagi anggota DPRD maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sekretariat DPRD. Agar dapat meningkatnya kinerja yang profesional dan berkompeten di lingkungan DPRD Provinsi Sulut dan pemerintahan daerah,” ungkapnya, dihubungi via WhatsAPP, Minggu (14/11/2021).

Selain itu, juga untuk pendalaman tugas bagi pimpinan dan anggota DPRD terhadap mekanisme sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kemudian untuk memaksimalkan keterampilan dan meningkatkan kinerja yang berkompeten, profesional dan bekerja sepenuh hati untuk rakyat dan negara.

“Bimtek kali ini memiliki nilai tambah yang sangat positif khususnya untuk pelaksanaan tugas saya sebagai pimpinan dan juga para anggota DPRD. Di mana, setiap anggota bisa langsung memahami serta mengimplementasikan pada tugas dan fungsinya sebagai anggota DPRD. Karena, pengawasan dan fungsi DPRD sangat penting untuk dipahami. Tujuannya agar berbagai pokok pikiran (Pokir) anggota dewan yang didasari pada aspirasi masyarakat bisa langsung dipahami dan disampaikan,’’ papar Farnsiscus.

Fransiscus berharap, dengan mengikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas, seluruh anggota DPRD Sulut dapat meningkatkan kinerja dan lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas sebagai fungsi kontrol dan mengawasi pengelolaan keuangan daerah, sehingga peningkatan kualitas pelayanan publik pun bisa tercapai.

“Ilmu yang diperoleh dalam Bimtek kiranya dapat menjadi bekal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat,” imbuhnya.

(Gnm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here