Jalan Menuju Pekuburan Raja Loloda Mokoagow Mulai Dikerjakan

0
65
Jalan Menuju Pekuburan Raja Loloda Mokoagow Mulai Dikerjakan
Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Kotamobagu Regina Mokoginta
Advertisement

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kotamobagu terus menggenjot pembangunan infrastruktur di wilayahnya. Hal itu dibuktikan dengan mulai berprosesnya dua paket pekerjaan jalan pada triwulan IV tahun 2020.

“Dua jalan itu yakni pembangunan akses jalan menuju pekuburan Raja Loloda Mokoagow dan rehabilitasi/pemeliharaan berkala jalan pangan Desa Poyowa Besar 2. Kedua paket itu dalam proses penandatanganan kontrak,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Kota  Kotamobagu Regina Mokoginta, Rabu (18/11/2020).

Untuk besaran nilai kedua paket pekerjaan tersebut masing-masing berbeda. Di mana, kata Regina, pekerjaan pembangunan jalan Raja Loloda Mokoagow menelan anggaran sekira Rp1.492.800.000, dan Rehabilitasi/pemeliharaan jalan pangan menelan anggaran sekira Rp1.960.500.000.

“Targetnya sebelum 29 Desember, pekerjaan sudah selesai. Insha Allah pekerjaan berjalan lancar sesuai spek,” jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, didampingi tim survei Disbudpar dan tim teknis Dinas PUPR Kota Kotamobagu, melakukan peninjauan lokasi makam Datu Loloda Mokoagow (Datu Binangkang) yang terletak di wilayah perkebunan Poyowa Besar, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Minggu (15/11/2020) pekan kemarin.

Survei yang dilaksanakan tersebut sebagai tindak lanjut penataan salah satu situs peninggalan sejarah kerajaan Bolaang Mongondow di wilayah Kota Kotamobagu.

Menurut Wali Kota Tatong Bara, pemugaran dan penataan ini juga dilakukan untuk menjaga makam para leluhur Bolaang Mongondow. “Dari sekian leluhur, beliau (Datu Loloda Mokoagow) ini yang paling besar (ketokohan) dan paling berpengaruh dan paling bersejarah di sejarah Bolaang Mongondow. Pembangunan ini diharapkan makam peristirahatan leluhur bisa terjaga, dan anak cucunya mengenali, bahkan sejarahnya bukan hanya di Bolaang Mongondow tapi mendunia,” ujar Wali Kota dua periode ini.

(Me2t)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here