Terkait WPR di Sulut, Diam-diam Olly Telah Minta Izin ke Pemerintah Pusat

0
1975
Terkait WPR di Sulut, Diam-diam Olly Telah Minta Izin ke Pemerintah Pusat
Calon Gubernur Sulut Olly Dondokambey, saat berkunjung ke Kabupaten Bolmut

BOLMORA.COM, SULUT – Usaha pertambangan rakyat atau tambang tradisional selalu terkendala perizinan. Namun, Calon Gubernur Sulut Olly Dondokambey, diam-diam telah mengupayakan meminta izin kepada pemerintah pusat, melalui Kementerian ESDM untuk membuka Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) di Sulut.

“Sebelum kampanye di sini, kita sopigi pa menteri. Khusus Sulut kase akang izin torang mo beking WPR, menteri langsung kase,” ungkap Olly Dondokambey dengan dialeg Manado kental, ketika berdialog dengan puluhan masyarakat dan penambang rakyat di kediaman mantan Bupati Bolmut Hamdan Datunsolang, di Desa Talaga, Kecamatan Bintauna, Kabupaten Bolmut, Selasa (3/11/2020) lalu.

“Jadi, kita kurang mo tunjung pak Hamdan, pak Karel, sapa-sapa ada di sini?. Karena, so dapa izin torang. Gubernur sodapa izin untuk membentuk WPR-WPR,” tambahnya.

Calon Petahana Gubernur Sulut ini menambahkan, ketika dilantik 2016 lalu, dia telah mencabut 52 Izin Usaha Pertambangan (IUP), dengan tujuan untuk memperjuangkan WPR.

“Karena dulu waktu kita jadi gubernur, 52 IUP kita cabut untuk memperjuangkan WPR. Tapi, pada saat somo beking WPR, pemerintah pusat  cabut kembali ke atas. Sekarang, kita minta izin ulang, dorang beking surat,” terang Olly.

Sosok yang kembali berpasangan dengan Steven Kandouw di Pilkada Sulut 2020 ini mengungkapkan bahwa, usaha untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat termasuk penambang selalu berhasil, berkat sinergitas dan hubungan baik dengan pemerintah pusat.

“Cek ke PTSP, so ada, khusus gubernur Sulut dorang kase. Nintau gubernur laeng dapa atau nyanda. Ini Menteri ESDM tamang lama. Ini manfaat pertemanan. Apa yang kita minta selalu dorang kase, nyanda ada yang dorang nyanda kase,” ujarnya, kembali dengan dialeg Manado.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) Sulut Julius Jem Tuuk, memberi apresiasi atas usaha dan kerja keras Calon Gubernur Olly Dondokambey.

“Kami dari APRI menyampaikan terima kasih atas usaha bapak Olly Dondokambey, yang telah memperjuangkan izin WPR untuk kesejahteraan penambang tradisional,” katanya, kepada wartawan, di Manado, Selasa (10/11/2020).

(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here