BPKD Bolmut Gelar Pelatihan Kantor Sendiri Aspek LKPD

0
936
Pemateri saat memberikan pelatihan penyusunan LKPD kepada para ASN BPKD Bolmut. Selasa (10/11).

BOLMORA.COM, BOLMUT — Kompetensi intern atas penyelenggaraan pemerintahan diperlukan untuk mendorong terwujudnya good governance dan clean government dalam mendukung pemerintahan yang efektif, efisien, transparan, akuntabel serta bersih dan bebas dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sirajudin Lasena, SE, M.Ec, Dev., disaat pembukaan kegiatan Pelatihan Kantor Sendiri (PKS) yang dipusatkan di Hotel Aston Manado, Selasa (10/11/2020).

“Untuk itu kemampuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Bolmut dalam menjalankan fungsinya harus selalu disesuaikan dengan perubahan dan tuntutan lingkungan yang menuntut kualitas memadai sehingga memenuhi persyaratan sebagai profesional,” ucap Lasena.

Menurutnya, peningkatan kualitas ASN yang dikemas dalam Program Pelatihan Kantor Sendiri (PKS) perlu terus dikembangkan. Program pengembangan kualitas mencakup seluruh aspek diantaranya Penyusunan Pelaporan Keuangan Daerah (LKPD) sebagai indikator dalam membantu penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Dirinya menyebut Tujuan dari PKS ini adalah :

1. Sebagai transfer knowledge.

2. Dapat mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang substantif pada pelaksanaan APBD.

3. Mengidentifikasi kesalahan-kesalahan sebagai deteksi dini terhadap kebijakan-kebijakan refocusing dan realokasi anggaran dalam penanganan covid-19.

“Kita wajib mengevaluasi faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan yang dianggap perlu peningkatan, sehingga pelayanan publik yang berhubungan dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah bisa berjalan baik dan sesuai harapan semua pihak,” tutur Lasena.

Terinformasi, kegiatan PKS BPKD Bolmut ini akan berlangsung sejak hari selasa 10 November 2020 dan selesai pada hari jumat 13 November 2020. Kegiatan tersebut juga dibuka secara langsung oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Bolmut Aang Wardiman, Ak.AC., juga menghadirkan pemateri dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulut dengan peserta dari intern BPKD Bolmut. 

(Awall)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here