BPKD Bolmut Ikut Seminar Kementerian Keuangan di Manado

0
548
BPKD Bolmut Ikut Seminar Kementerian Keuangan di Manado
Tampak Kepala BKPD Bolmut Siradjudin Lasena, saat mengikuti seminar

BOLMORA.COM, BOLMUT – Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) ikut serta pada kegiatan seminar Kementerian Keuangan, dengan tema ‘Menjaga Kesehatan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global’, yang dipusatkan di Ball Room Four Point Manado, Rabu (10/7/2019).

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, melalui Kepala Badan Keuangan dan Aset Provinsi sulut Asiano Gemmy Kawatu mengatakan, seminar ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan keuangan daerah, melalui kebijakan fiskal yang merujuk pada kebijakan pemerintah dan mengacu pada pengeluaran dan pendapatan daerah.

“Kita harus menggali informasi target capaian setiap tahunnya. Dan ke depan mampu memperbaiki siklus keuangan yang efisien, transparan dan akuntabel. Kita dituntut untuk lebih optimal dalam bekerja, sehingga output dan income untuk daerah benar-benar dirasakan oleh seluruh masyarakat Sulut,” terang Kawatu, sembari membuka secara resmi kegiatan seminar Kementerian Keuangan.

Sementara di tempat yang sama, Kepala (BPKD) Kabupaten Bolmut Sirajudin Lasena menuturkan, kebijakan fiskal merujuk pada kebijakan yang dibuat pemerintah untuk mengarahkan ekonomi suatu negara khususnya di kabupaten/kota, yang disebut ekonomi daerah.

“Kebijakan fiskal berbeda dengan kebijakan moneter, yang bertujuan men-stabilkan perekonomian dengan cara mengontrol tingkat bunga dan jumlah uang yang beredar, sehingga pengeluaran dan pendapatan daerah bisa diketahui,” ungkapnya.

Tujuan utama kebijakan fiskal guna menjaga kesehatan APBN di tengah ketidakpastian ekonomi global adalah untuk menentukan arah, sasaran, dan prioritas pertumbuhan ekonomi di suatu daerah.

“Tujuan kebijakan tersebut adalah, untuk mencapai kestabilan ekonomi, untuk memacu laju pertumbuhan ekonomi, untuk memacu laju investasi di suatu daerah, untuk membuka lapangan pekerjaan lebih luas, untuk menjaga stabilitas harga barang dan jasa agar laju inflasi dapat dikendalikan, serta untuk pemerataan dan pendistribusian pendapatan,” tutup Lasena.

Terpantau, turut hadir perwakilan seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Sulut, sementara yang mewakili Pemkab Bolmut adalah Asisten III Aang Wardiman, dan Kepala BPKD Bolmut, didampingi Kasubag Umum dan Kepegawaian Verawaty Djoharam, serta Staf Charly Buhang,

(Awall)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here