Capaian Realisasi PBB Tahun 2020 di Kotamobagu Baru 55 Persen

0
Capaian Realisasi PBB di Kotamobagu Baru 55 Persen
Ilustrasi PBB
Advertisement

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU – Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah salah satu pajak yang ada di Indonesia. Pajak yang dipungut oleh pemerintah atas tanah dan bangunan dimana dasar pengenaan pajak tersebut berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Dan tampaknya Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu harus mendongkrak realisasi PBB yang ada di daerahnya.

Berdasarkan data yang diterima Bolmora.com dari Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) terhitung sejak awal bulan Januari 2020 sampai dengan awal November 2020 capaian realisasi PBB baru 55,01 persen dari total pokok pajak Rp6,4 Miliar.

Untuk Kecamatan Kotamobagu Selatan baru mencapai 69,77 persen dari total target pajak Rp1,4 Miliar. Sedangkan Kotamobagu Barat baru mencapai 45,13 persen dari total pajak Rp2,7 Miliar.

Kemudian Kotamobagu Utara 61,66 persen dari total pajak Rp563 Juta, dan Kotamobagu Timur mencapai 56,34 persen dari total target pajak Rp1,7 Miliar.

Kepala Bidang (Kabid) Pendataan dan Pendaftaran BPKD Ilmar Rusman pun mengatakan, terkait progres realisasi yg belum maksimal, diharapkan kepada semua desa dan kelurahan untuk segera melakukan penagihan disisa waktu yg ada, sebelum jatuh tempo pembayaran. 

“Kami pihak BPKD selalu terbuka untuk koordinasi jika didapati ada kendala administrasi di lapangan,” ungkapnya ketika dikonfirmasi Jumat, (6/11/2020).

(Nisar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here