Pemkab Bolmong Ikut Rapat Entri Meeting Bersama BPK

0
268
Pemkab Bolmong Ikut Rapat Entri Meeting Bersama BPK
Foto 1: Kegiatan entri meeting jajaran Pemkab Bolmong bersama BPK RI
Advertisement

BOLMORA.COM, ADVERTORIAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), dipimpin Bupati Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow, mengikuti rapat entri meeting bersama Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Sulawesi Utara (Sulut).

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual bertempat di lantai I Kantor Bupati Bolmong, Rabu (22/9/2021) itu, terkait pengelolaan keuangan atas belanja barang tahun anggaran 2021.

Foto 2: Kegiatan entri meeting jajaran Pemkab Bolmong bersama BPK RI

Pada kesematan itu, Bupati Bolmong, Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, meski daerah yang dipimpinnya telah meraih opini WTP pada tahun 2020 lalu, namun diharapkan kepada pimpinan di SKPD tidak menjadi lengah, dan lalai dalam menyusun secara baik pertanggungjawaban pengelolaan keuangan.

“Dengan diperolehnya predikat WTP terhadap penggelolaan keuangan tahun 2020 lalu dari BPK, saya mengharapkan ini menjadi pemicu agar dapat ditingkatkan, terlebih kualiatas laporan tata kelola keuangan, termasuk didalamnya pemenuhan pertanggungjawaban belanja pada APBD 2021,” ucap Yasti.

Foto 3: Kegiatan entri meeting jajaran Pemkab Bolmong bersama BPK RI

Olehnya, Yasti menegaskan, kepada pimpinan SKPD, agar segera memenuhi permintaan data yang telah diminta tim BPK, dalam waktu yang cepat, tepat dan tidak menunda-nunda. Sehingga tim BPK dapat bekerja dengan lancar selama bertugas di Kabupaten Bolmong.

Selain itu pula, Bupati Yasti Mokoagow, meminta kepada pimpinan SKPD, jika dirasa ada yang tidfak diketahui, sebaiknya berkonsultasi dengan pihak BPK RI.

“Demikian pula dengan pihak ketiga, kiranya pimpinan SKPD dapat menghadirkannya juga. sebab ada kaitannya dengan mereka (Pihak ke tiga, red), supaya benar-benar siap jika dimintakan oleh BPK dalam melakukan pemeriksaan pertanggungjawaban belanja barang nanti,” tutur Yasti.

Sekedar diketahui pula, pemeriksaan tata kelola keuangan atas belanja barang yang dilakukan pihak ketiga, di masing-masing SKPD, itu selama 30 hari, terhitung sejak 20 September sampai 19 Oktober nanti.

Adapun sistim  pemeriksaan terhadap kepatutan penggunaan anggaran tahun 2021 ini dilakukan dengan dua tahapan, yakni cara WFO selama 15 hari dan uji lapangan juga selama 15 hari.

Hal ini, disebabkan adanya masa pandemic covid-19, maka sistim pemeriksaan juga menerapkan protokol kesehatan. Semua dokumen dikirim secara elektronik demikian pula wawancara akan dilakukan secara virtual.

Diketahui pula, tim BPK yang akan melaksanakan tugas di Kabupaten Bolmong, bertindak sebagai penanggungjawab Nurendo Adi Kusumo, dan wakil penanggungjawab Lastar Ambaga, sedangkan Elvira Amelia Kaligis, bertindak sebagai ketua tim pemeriksa, serta para anggota masing-masing, Pieter Roya, Tutur Ompusunggu dan Aulia Margaretha Ginting.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Sekertaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang SIP MM, Asisten III Drs Ashari Sugeha, Kepala Inspektorat serta beberapa pimpinan SKPD lainnya.

(Advertorial/Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here