Operasi Patuh Samrat 2021 di Wilayah Polda Sulut Dimulai, Ini Sasarannya

0
385
Operasi Patuh Samrat 2021 di Wilayah Polda Sulut Dimulai, Ini Sasarannya
Penyematan Pita Operasi kepada peserta Gelar Pasukan oleh Kapolda Sulut
Advertisement

BOLMORA.COM, MANADO – Senin (20/9/2021), Kepolisian Daerah (Polda) beserta seluruh jajaran di wilayah hukum khususnya Sulawesi Utara (Sulut), mulai menggelar operasi dengan sandi ‘Patuh Samrat 2021’.

Operasi patuh samrat yang akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai 20 September hingga 3 Oktober 2021 ini, diawali dengan gelar pasukan, yang dilaksanakan di lapangan apel AKP Bryan Tatontos Polda Sulut, Senin (20/9/2021).

Gelar pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, dan dihadiri Wakapolda Sulut Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir, para PJU Polda, Kepala Cabang Jasa Raharja Sulut, Kadis Perhubungan Sulut dan KasatPol PP Sulut.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Irjen Pol Nana Sudjana menegaskan, dalam Operasi Patuh Samrat ini ada dua sasaran utama yang akan ditindak, yakni masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan serta yang tidak disiplin dalam berlalu lintas.

“Pada operasi ini kita mengedepankan kegiatan preemtif, preventif secara persuasif dan humanis,” sebutnya.

Menurutnya, sesuai data yang ada, dalam kurun waktu 1 bulan terakhir menunjukan angka masyarajat yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Sulut mengalami trend penurunan.

“Demikian juga tingkat kecelakaan lalu lintas pada 3 bulan terakhir, turun hingga 48 persen, dibanding periode sebelumnya. Namun, kita tidak boleh lengah dan terus adaptif dengan situasi yang berkembang. Agar tidak berbalik menjadi situasi yang memundurkan upaya-upaya yang telah dikerjakan sebelumnya,” ujar Irjen Pol Nana Sudjana.

Dia berharap, petugas di lapangan dapat memprioritaskan pada kegiatan yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat. Di antaranya melaksanakan pembinaan dan penyuluhan terkait pentingnya protokol kesehatan, serta upaya dalam rangka mendukung program vaksinasi nasional, melakukan edukasi dan penerangan, serta membangun kesadaran tertib berlalu lintas kepada masyarakat dan juga melaksanakan publikasi tertib berlalu lintas.

“Selain itu, terkait pentingnya protokol kesehatan melalui media massa serta media sosial,” ujar Kapolda.

Dalam Gelar Pasukan ini, Kapolda Sulut menyematkan pita operasi berwarna biru putih, sebagai tanda dimulainya Operasi Patuh Samrat 2021, dan menyerahkan bekal kesehatan kepada perwakilan peserta.

Dalam operasi kali ini Polda Sulut dan Polres/ta jajaran menerjunkan sebanyak 602 personel dibantu oleh personel dari POM TNI, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

(*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here