3 ASN Bersaing Duduki Jabatan Kadis Kominfo Bolmong

0
301
3 ASN Bersaing Duduki Jabatan Kadis Kominfo Bolmong
Logo Diskominfo Bolmong
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG – Panitia Seleksi (Pansel) lelang jabatan Pemkab Bolmong telah menetapkan tiga besar calon Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) atau setingkat eselon II. 

Ditetapkannya tiga besar tersebut, atas dasar penilaian tim seleksi terbuka atau open bidding yang prosesnya sejak beberapa waktu lalu.

Tim yang diketuai Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang bersama para asesor lainnya, telah menetapkan nama-nama yang terpilih masuk tiga besar.

“Dari sejumlah pendaftar yang ikut open bidding, telah dikerucutkan menjadi tiga orang,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong Umarudin Amba saat dihubungi. Senin (6/9/2021). 

Menurutnya, diumumkannya nama-nama yang lolos hasil seleksi tersebut berdasarkan hasil penilaian secara akumulatif seleksi terbuka JPTP.

Ada empat tahapan yang harus diikuti peserta seleksi. Mulai seleksi administrasi, assessment, makalah dan terakhir sesi wawancara. 

“Masing-masing sesi memiliki bobot tersendiri,” ujarnya

Amba menjelaskan, landasan diselenggarakannya open bidding adalah Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Permenpan) Nomor 15/2015 tentang Pengisian Jabatan Secara Terbuka dan Kompetitif di lingkungan pemerintah.    

Tahap berikutnya, nama-nama yang terseleksi akan diajukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).  

Setelah mendapat persetujuan KASN, kemudian Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow sesuai haknya akan menetapkan masing-masing satu nama untuk mengisi jabatan yang dilamar.

Menurut Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, meski para peserta telah melewati tahapan seleksi, akan tetapi masih ada penilaian tertentu yang akan dipakai saat menentukan siapa yang akan dilantik.

“Tentu semua punya peluang, dan saya diberikan kewenangan untuk menilai,” kata Yasti. 

Menurut Bupati, pansel sudah menyerahkan nilai hasil seleksi. 

Namun bicara integritas dan loyalitas, merupakan kewenangannya untuk menentukan siapa yang akan dilantik.

“Bicara integritas, bicara loyalitas itu adalah kewenangan saya,” katanya.

Siapa Yang Dilantik Kadis Kominfo Bolmong

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, saat ini tinggal menunggu persetujuan dari KASN untuk melantik nama-nama pejabat yang masuk tiga besar.

Sedikitnya ada 13 jabatan yang dilelang tahun ini yang diikuti oleh 45 pejabat. Seperti contoh, jabatan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.

Di mana ada tiga nama masuk tiga besar hasil lelang jabatan tersebut.  Yakni Ma’arief yang saat ini menjabat Camat Passi Barat. 

Ma’arief pernah menjabat sebagai Kabid e-government di Dinas Kominfo sebelum dipercayakan sebagai Camat Passi. 

Selain Ma’arief, ada nama Jenli Mongilong. Jenli boleh dibilang petahana karena saat ini dipercayakan sebagai Sekretaris plus Plt Kominfo Bolmong. 

Dan ketiga ada nama Seriyanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan (TUP) Setda Pemkab Bolmong.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here