Pasangan BERKAH Resmi Ditetapkan sebagai Peserta Pilkada Bolsel 2020

0
339
Pasangan BERKAH Resmi Ditetapkan sebagai Peserta Pilkada Bolsel 2020
Penyerahan berita acara surat penetapan calon peserta Pilkada 2020 oleh Ketua KPU Bolsel kepada LO tim BERKAH

BOLMORA.COM, POLITIK — Setelah melalui proses verifikasi, mulai dari dokumen persyaratan dan syarat bakal calon hingga pemeriksaan kesehatan, akhirnya KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Bolsel (Bolaang Mongondow Selatan) resmi menetapkan pasangan Calon Bupati Iskadar Kamaru dan Calon Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, sebagai calon peserta pada Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Bolsel, yang akan dihelat pada 9 Desember 2020 mendatang.

Penetapan oleh KPU tersebut, melalui rapat pleno penetapan calon peserta pemilihan bupati dan wakil bupati Bolsel periode 2020-2025, yang digelar di halaman kantor KPU Bolsel, Rabu (23/9/2020).

Kendati dalam pleno tersebut penetapan pasangan calon tidak bersamaan, namun oleh KPU ditetapkan dua pasang calon telah memenuhi verifikasi syarat pencalonan. Masing-masing pasangan Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid yang disebut “BERKAH”, serta pasangan Riston Mokoagow dan Selviah van Gobel, atau disebut “RISKI”.

Adapun pasangan BERKAH mendapat kesempatan pertama untuk ditetapkan sebagai calon sah. Sementara pasangan RISKI menunggu jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU.

Menurut Ketua KPU Bolsel Eskolano Kakunsi, keterlambatan penetapan untuk pasangan calon RISKI bukan tanpa sebab, mengingat pasangan calon tersebut sebelumnya terkonfirmasi terpapar Covid-19, sehingga harus menjalani karantina mandiri.

“Perubahan jadwal hanya dikhususkan bagi pasangan calon yang positif corona. Sedangkan yang tidak terjangkit corona, jadwal tetap sesuai dengan aturan yang,” ungkapnya.

Dikatakan, serah terima surat penetapan calon peserta Pilkada oleh pasangan BERKAH sendiri diwakili oleh liasion officer (LO).  

“Surat keputusan penetapan telah diserahkan kepada tim penghubung atau LO. Nantinya LO yang menyampaikan ke pasangan calon masing-masing,” terang Eskolano.

Untuk dikethui, sesuai petunjuk KPU Provinsi, untuk penyerahan hasil pleno penetapan pasangan calon, hanya dihadiri oleh LO. KPU sendiri tidak menghadirkan pasangan calon dan pimpinan partai.

(*/Gnm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here