Bolmut Butuh Unit PCR untuk Maksimalkan Penanganan Covid-19

0
313
Bolmut Butuh Unit PCR untuk Maksimalkan Penanganan Covid-19
Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta

BOLMORA.COM, BOLMUT – Lambatnya hasil tes swab atau polymerase chain reaction (PCR) Covid-19 menjadi salah satu kendala di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Hasil tes swab setelah pengambilan sampel spesimen baru bisa diketahui setelah 7 sampai 10 hari, sehingga upaya tracking kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tidak berjalan sesuai harapan.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS selaku Juru Bicara Tim Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bolmut kepada Media Bolmora.com, Rabu (23/09/2020).

Lamanya hasil tes swab menjadi masalah tersendiri dalam penanganan Covid-19. Keterlambatan hasil tes swab seorang kontak erat pasien terkonfirmasi menjadi pekerjaan rumah bagi Satgas Covid dan Pemerintah Kabupaten Bolmut.

“Hari ini Bolmut memiliki 135 spesimen kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang masuk daftar antrian menunggu hasil uji swab yang bisa memakan waktu berhari-hari. Beruntung kalau yang bersangkutan sambil menunggu hasil swab mau isolasi mandiri dirumah, tapi jika yang bersangkutan tetap beraktifitas diluar rumah dengan dalih tuntutan ekonomi dan ternyata hasil swab yang ditunggu terkonfirmasi positif Covid-19 maka bisa dipastikan pemutusan mata rantai penyebaran virus ini akan menemui kesulitan,” ungkap Jusnan.

Untuk itu, saya berharap Pemkab Bolmut bisa lebih jeli dan bijaksana melihat fenomena alam yang sudah memakan ribuan korban jiwa di Indonesia ini.

“Saya berharap, penggunaan anggaran yang diplot untuk penanganan pandemi Covid-19 di Bolmut benar-benar berpihak pada kebutuhan sarana dan prasarana medis. Bila perlu adakan satu unit PCR agar kendala dan masalah yang ditemui selama ini bisa segera terselesaikan. SDM Tim medis untuk menopang kerja-kerja PCR sudah mumpuni, tinggal keseriusan semua pihak yang dibutuhkan,” Harapnya.

(Awall)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here