Jadi Petugas Damkar Bukan Hanya Memadamkan Api?, Berikut Penjelasannya

0
Jadi Petugas Damkar Bukan Hanya Memadamkan Api?, Berikut Penjelasannya
Petuga Pemadam Kebakaran Kabupaten Bolmut

BOLMORA.COM, BOLMUT – Tugas petugas pemadam kebakaran tak hanya sekadar memadamkan api. Seorang pemadam kebakaran juga dituntut untuk mampu melakukan pencegahan dan penyelamatan, upaya pencegahan salah satunya dilakukan dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Awaludin Korompot, mengatakan, Mereka memberikan edukasi terkait deteksi dini terhadap potensi terjadinya kebakaran. Selain itu, pemadam kebakaran juga harus rutin melakukan simulasi penanggulangan bahaya kebakaran di gedung perkantoran.

Kita mengacu pada SOP yang berlandaskan pada Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri 122 Tahun 2018.

“Seorang pemadam kebakaran juga dituntut untuk dapat melakukan upaya penyelamatan terhadap makhluk hidup dan benda, jika terjadi musibah kebakaran maka masyarakat bisa menghubungi kami dicall center 08525686415. ” kata Awaludin saat diwawancara awak media Bolmora.com diruang kerjanya, senin (13/01).

Personil damkar harus siap sedia saat dibutuhkan, termasuk saat terjadi bencana banjir, longsor, pohon tumbang yang menghalangi jalan dan masih banyak lagi terkait mahluk hidup dan benda.

“Kendala kita sampai hari ini adalah keterbatasan unit kendaraan damkar, idealnya untuk bisa mencapai titik kejadian musibah dengan waktu yang cepat maka di tiap-tiap kecamatan harus memiliki sub bagian dan ditunjang dengan satu unit kendaraan damkar.” teranya.

“Berdasarkan RPJMD Tahun 2018-2023, semoga Pemda Bolmut bisa mengupayakan penambahan mobil damkar berikut personilnya juga. Dengan begitu pelayanan publik berkaitan dengan penanganan cepat tanggap terhadap musibah yang bisa menimbulkan kerugian materi dan menimbulkan korban jiwa segera teratasi.” tutupnya.

(Awall)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here