Tiga Pasangan Cabup dan Cawabup Boltim Jalani Tes Kesehatan

0
791
Tiga pasangan Cabup dan Cawabup Boltim saat menjalani tes kesehatan di RSUP Prof Kandouw. Senin 07/09/2020.

BOLMORA.COM, BOLTIM — Setelah resmi mendaftar, tiga pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), kini menjalani tahapan pemeriksaan kesehatan sebagai syarat ikut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Boltim.

Ketua Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim Abdul Kader Bachmid mengatakan, bahwa tes kesehatan tersebut sesuai dengan PKPU Nomor 5.

“Kami sudah memberikan rujukan untuk pemeriksaan bagi calon Bupati dan wakil Bupati, dalam hal pemeriksaan kesehatan. Dan sesuai ketentuan rumah sakit harus bertipe A. Dan rumah sakit tipe yakni Prof Kandouw, jelas Kader pada, Senin 07/09/2020.

Lanjut Dia, dalam pemeriksaan kesehatan telah dibentuk beberapa dokter yang masuk dalam tim pemeriksa kesehatan.

“Satu tim sudah termasuk Psikologi, Badan Narkotika, IDI. Sesuai jadwal ada empat hari pemeriksaan kesehatan. Di mulai hari ini, dan hasilnya nanti akan diserahkan ke KPU Boltim,”terangnya.

Saat ini menurut Kader, pihaknya, juga masih dalam tahap penelitian pemeriksaan faktual dokumen syarat calon yang sudah diserahkan pada waktu pendaftaran calon Bupati dan wakil Bupati beberapa waktu lalu.

“Tindak lanjutnya ada dokumen-dokumen yang harus di faktual. Dan dokumen paling penting yakni terkait ijazah yang dimasukkan, dan kalau ada keraguan dalam dokumen selain ijazah pasti kami akan faktual,”kata Bachmid.

Ia juga menambahkan, terkait ijazah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut dalam Pilkada wajib menyerahkan pengunduran dirinya sebagai ASN yang bermaterai.

“Pengunduran diri ada interval waktu paling lambat lima hari setelah ditetapkan sebagai pasangan calon pada 23 September dengan tanda bukti dari instansi mereka bekerja bahwa sudah mengajukan pengunduran diri, ” imbuhnya.

Sementara tiga pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang sudah resmi mendaftar di KPU Boltim yakni, pasangan Sam Sachrul Mamonto (SSM) dan Oskar Manoppo (OPPO), kemudian pasangan calon Bupati Amalia Ramadhan Landjar (ARL) dan Uyun Kunaefi Pangalima (UKP), serta calon Bupati Suhendro Boroma dan calon Wakil Bupati Rusdi Gumalangit.

Dari ketiga pasangan tersebut, Oskar Manoppo dan Uyun Kunaefi Pangalima latar belakang statusnya adalah ASN yang bertugas di Boltim

(Ayax Vay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here