H2M Paparkan Ideologi Pancasila di Diklatsar CPNS Bolsel

0
94
H2M saat memaparkan Ideologi Pancasila dihadapan 189 CPNS Bolsel. (6/9) tadi malam.

BOLMORA.COM, BOLSEL — Mantan Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Hi. Herson Mayulu, S.IP, yang akrab disapa H2M, didaulat sebagai salah satu narasumber pembicara dalam kegiatan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Bolsel, Jumat 6 September 2019.

H2M sengaja diundang oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk memaparkan materi tentang Ideologi Pancasila 1 Juni, kepada 189 CPNS peserta Diklatsar di Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara, Maumbi-Minut, tadi malam.

Dalam pemaparan awal, H2M menyampaikan pentingnya mental set yang harus dibangun kepada para ASN atau Aparatur Negara sebelum memulai tugas sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat.

Menurut H2M mental yang harus dibangun diantaranya yakni sebagai berikut:

Pertama, membangun Mental Antisipatif. Hal ini guna menjadikan Aparatur Sipil Negara (ASN) bersifat Proaktif.

Kedua, membangun Mental Inovatif. Hal ini guna menciptakan ASN yang mampu memunculkan ide-ide baru, dan kreatif.

Ketiga, membangun Mental Komunikatif. Hal ini guna menciptakan kemampuan berkomunikasi dengan semua golongan.

Dan Terakhir, membangun Mental Excellent/Prima. Hal ini guna menciptakan ASN yang enerjik dan percaya diri.

“Sebagai seorang abdi negara, ASN harus punya mental tersebut di atas, ” ucap H2M, yang juga mantan Widyaswara.

Kemudian H2M menyampaikan 2 hal prinsip ASN Bolsel yang wajib hukumnya dipraktekan dalam Pelaksanaan Tugas dan Kerja

Pertama, ASN harus punya esensi Visi Religi, yang harus diimplementasikan sebagai Fondasi dalam bekerja dengan rasa takut kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dan rajin beribadah 

“PISB sebagai langkah Preventif dalam bekerja dengan benar dan maksimal sesuai Tupoksi demi Kesejahteraan Masyarakat, ” ujar H2M.

Kemudian hal kedua mengenai esensi Visi Berbudaya yang dalam Bhinneka Tunggal Ika memiliki nilai Etika dan Bermartabat, dan berimplikasi pada Persatuan dan Kesatuan demi kerukunan umat.

Menurut Herson, ke 2 hal ini adalah modal yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Demi menciptakan Bolsel yang HEBAT, maka harus dimotori oleh para Aparatur Sipil Negara Pemkab Bolsel.

Selanjutnya, Herson Mayulu memaparkan Materi Ideologi Pancasila 1 Juni. Mulai dari sejarah, definisi, pentingnya ideologi, fungsi, tantangan kebangsaannya, dan terakhir Memahami Sejarah Lahirnya Pancasila serta makna dan tujuan Pancasila itu sendiri sebagai Way of Life.

(*/wdr)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here