Kotamobagu

Dinas PUPR Survei Lokasi Sumber Mata Air Bersih Bambe’an Upai

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU — Tim teknis perencanaan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kotamobagu, turun melakukan survei lokasi mata air Bambela yang terletak di perkebunan milik warga Kelurahan Upai Kecamatan Kotamobagu Utara, Jumat (30/8/2019).

Ditemui usai survei, Kepala Seksi (Kasi) PLP dan Air Minum Dinas PUPR Kotamobagu, Zanti Arfa mengatakan untuk perencanaan selanjutnya, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan pemilik tanah.

“Kami masih akan berkoordinasi dengan pihak pemilik tanah, karena masih ada survei lanjutan yang akan dilakukan, yakni jaringan serta ketinggian air,” ujarnya.

Zanti mengungkapkan  dipilihnya mata air Bambe’an Upai sebagai lokasi sumber mata air, karena dari sisi ketersediaan sudah teruji.

“Kualitas cadangan mata air Bambean aman, karena sudah teruji paska kemarau yang terjadi beberapa tahun lalu, airnya tidak surut,”ungkapnya.

Dia pun menerangkan, estimasi anggaran yang akan digunakan nanti untuk pembuatan Broncaptering atau bangunan penangkap sumber air baku, sekitar Rp 200 juta.

“Perkiraan anggaran kurang lebih 200 jutaan, untuk pembuatan bangunan penangkap sumber mata air baku, diluar dari anggaran instalasi jaringan terangnya.

Semantara Tokoh masyarakat kelurahan upai Dado Laoh, yang juga merupakan wakil ketua LPM mengatakan bahwa masyarakat keluruhan upai pada umumnya sangat berterimakasih kepada pemkot kotamobagu karena sudah mendengarkan keluhan warga upai yang selama ini yg jadi persoalan warga terutama soal air.

“Kami sangat berterimakasih dan pastinya warga upai tidak akan keberatan dengan pembuatan Broncaptering asalkan air yang mengalir melalui kelurahan upai jangan dibawa ke kelurahan atau desa lain,” ujarnya.

(*me2t)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button