Rangkap Jabatan, Viktor Rarung Diberhentikan dari Kepengurusan PWI Sulut

0
470
Rangkap Jabatan, Viktor Rarung Diberhentikan dari Kepengurusan PWI Sulut
ketua PWI Provinsi Sulut, Voucke Lontaan

BOLMORA.COM BOLMONG  – Salah satu pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) atas nama Victor Rarung, diberhentikan.

Viktor Rarung, yang menjabat  Ketua Seksie Wartawan Politik dan Pemantau Pemilu pada kepengurusan PWI Sulut periode 2015-2020, diberhentikan dengan alasanya telah merangkap jabataan di organisasi lainnya.

“Setelah saya berkonsultasi dengan pengurus PWI Pusat, yaitu Ketua Bidang Organisasi Pak Firdaus, dan sesuai peraturan dasar dan peraturan rumah tangga (PD/PRT) PWI, seorang pengurus tidak boleh rangkap jabatan pada organisasi kewartawanan lainya, maka diganti saja. Tidak perlu dilakukan rapat pleno, karena posisinya bukan pungurus harian,” ungkap Ketua PWI Provinsi Sulut Drs. Voucke Lontaan, di Manado, Senin (26/8/2019).

Voucke menjelaskan, sesuai PD/PRT PWI pasal 27 tentang organisasi butir (2) menyebutkan, Pengurus PWI di pusat maupun di provinsi dan kabupaten/kota, tidak boleh merangkap jabatan pengurus partai politik, dan organisasi yang terafiliasi, serta lembaga struktural di pemerintahan.

“Sesuai PD/PRT PWI pasal 7 butir (1) huruf d, tentang keanggotaan gugur secara otomatis apabila tidak memperpanjang kartu anggota lebih dari 1 tahun. Tentu apabila status keanggotaan sudah gugur, maka secara otomatis tidak boleh jadi pengurus,” tegasnya.

Voucke menambahkan, PWI adalah organisasi profesi. 

“Saya sebagai Ketua PWI Provinsi Sulut, hanya menjalankan peraturan organisasi. Keputusan ini diambil untuk menjaga nama baik PWI. Dan, surat pemberhentian terhadap yang bersangkutan (Victor Rarung), sebagai pengurus PWI Sulut sudah dibuat, tinggal dikirim,” ujarnya.

(*/gnm)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here