Bendungan Lolak Bakal Jadi Icon Kabupaten Bolmong

0
649
Bendungan Lolak Bakal Jadi Icon Kabupaten Bolmong
Bendungan Lolak
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG – Salah satu Program Nawacita Presiden Jokowi ialah memperkuat Indonesia dari pinggiran kota dan desa, infrastruktur termasuk jalan, jembatan dan waduk. Tujuan utamanya untuk memakmurkan rakyat Indonesia. 

Di Sulawesi Utara (Sulut) khusunya di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) juga terjamah Program Nawacuta Presiden Jokowi, yakni Waduk Lolak atau Bendungan Lolak.

Pemerintah pusat melalui Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mengucurkan anggaran sebesar Rp850 milliar untuk membangun waduk di Desa Pindol, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong.

Site Operation Manager PT Pembangunan Perumahan (PT PP Persero) Tbk, Proyek Bendungan Lolak Carto Andriyanto mengatakan, waduk yang membendung Sungai Lolak mampu menampung air sebanyak 16 juta kubik air, dengan ketinggian menara setinggi 50 meter. 

“Proyek bendungan Lolak ini merupakan proyek prioritas. Pekerjaannya akan digejot agar bisa selesai akhir tahun 2021 ini,” ungkapnya.

Dikatakan, target pengerjaan bendungan akan selesaikan akhir tahun ini. Saat ini progres fisik bangunan Lolak sudah mencapai 90 persen. Hanya saja, mulai beroperasi dikisaran dua sampai tiga tahun setelah selesai pekerjaan proyek. 

“Sebab masih akan dibangun lagi fasilitas pelengkap, yaitu bangunan pendukung, akses dan sebagainya,” tambah Carto. 

Sementara itu, Health Safety Environment (HSE) PT PP Construction dan Investment Bendungan Lolak Johan Mirdadi menambahkan, bendungan ini dikerjakan dengan menerapkan keselamatan yang tinggi sesuai dengan standar perusahaan dan peraturan terkait.

“Jadi, karyawan maupun pekerja diharuskan memenuhi standar keselamatan kerja sebelum memulai kerja, berbadan sehat, siap mengikuti aturan perusahaan dan memakai PPE/APD (Personal Protective Equipment), yang disyaratkan oleh perusahaan demi terciptanya lingkungan kerja yang aman, nyaman, serta bebas dari penyakit akibat kerja,” jelasnya.

Menurutnya, hal itu penting dan menjadi prioritas PT PP (Persero) Tbk dalam bekerja, karena suksesnya sebuah proyek adalah saat target produksi, safety dan kualitas bisa tercapai, serta nihil kecalakaan kerja.

“Ini gunanya untuk menciptakan suasana dan lingkungan kerja yang aman dan nyaman di lingkungan proyek,” ucap Johan.

Dia berharap dengan adanya Bendungan Lolak, kehidupan masyarakat Lolak terlebih khusus Desa Pindol dan sekitarnya akan meningkat secara ekonomi, serta memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat Sulaweai Utara umumnya dan Bolmong khususnya.

“Bendungan ini bisa menjadi salah satu icon Kabupaten Bolmong,” ujarnya. 

Sementara, Manjangi satu di antara masyarakat Desa Pindol berharap dengan adanya bendungan ini panen padi masyarakat dapat meningkat.

“Saya berharap bendungan ini bisa mengatasi banjir, musim kemarau yang menjadi musuh petani, sehingga dapat meningkatkan produksi panen,” harapnya.

(Tim Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here