Pelantikan Virtual, Anggota PPS Bolmong Cari Sinyal di Tengah Hutan

0
573
Pelantikan Virtual, Anggota PPS Bolmong Cari Sinyal di Tengah Hutan
Dua anggota PPS cari sinyal hingga ke perkebunan dan hutan
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG – Cara berbeda dilakukan jajaran Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolmong, saat melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernut (Pilgub) 2020.

Jika biasanya pelantikan digelar di dalam ruangan, kali ini anggota PPS Bolmong dilantik secara virtual. Beberapa hari lalu, terlihat seorang wanita berdiri dengan takzim. Wajahnya menatap ponsel yang diletakkan di atas potongan batang pohon kelapa. 

Di tengah hutan, wanita tersebut mengucapkan ikrar setia sebagai PPS di Kabupaten Bolmong.

Si wanita yang berasal dari daerah terpencil, yang tak ada jaringan internet ini mencari jaringan hingga ke hutan. Di sanalah ia dilantik bersama 606 PPS se-Bolmong lainnya.

Di tempat lain, di dalam sebuah gubuk di tengah kebun, seorang pria mengucapkan ikrar sebagai PPS. Si pria mengenakan kopiah, masker, batik dan sandal. Paduan yang aneh, tapi ia tak peduli. Karena, di layar laptop yang didirikan di atas meja kayu, hanya tampak bagian atas tubuhnya.

Ia terlihat bangga. Alam sekelilingnya yang indah jadi saksi sesuatu bersejarah di republik ini. Pendemi Covid 19 membuat pelantikan PPS dilakukan lewat sistem virtual. Kejar mengejar sinyal ini membuat pelantikan ini seru, lucu dan unik.

Namun di balik semua itu, ini adalah bentuk kesetiaan yang luar biasa terhadap tugas dan tanggung jawab kepada ibu pertiwi. Dapat disimpulkan pula, tahapan pilkada di masa Covid 19 yang diawali dengan pelantikan PPS dimulai dengan indah.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, SDM dan Parmas, Hasrul Dumambow membeber perjuangan sejumlah anggota PPS dalam mencari jaringan internet.

“Ada yang naik ke gunung atau ke hutan dan menemukan jaringan di bawah pohon,” kata dia.

Dikatakannya, sebanyak 606 PPS dilantik dalam dua gelombang di hari yang sama.

“Untuk menyesuaikan diri dengan kapasitas zoom,” katanya.

Hadir dalam pelantikan online tersebut Komisioner KPU Provinsi Salman Saelangi, Sekretaris KPU Sulut Pujiastuti serta Bawaslu. Dari Pemkab Bolmong,

hadir Asisten 1 Pemkab Bolmong Dekker Rompas. Ia menyatakan, para PPS akan

melaksanakan tahapan pilkada selanjutnya dengan memperhatikan protokol Covid-19.

(Agung) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here