Penyaluran BLT Dandes di Bolmong Baru 6 Desa yang Cair

0
445
Baru 7 Kecamatan Masukan Usulan Pengesahan Calon BPD
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bolmong melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa Isnaidin Mamonto.
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG — Hingga saat ini baru enam desa di Kabupaten Bolmong yang menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari dana desa (Dandes) untuk bulan Mei 2021.

“Untuk data bulan mei baru 6 desa yang menyalurkan BLT Dandes,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Isnaidin Mamonto.

Isnaidin juga menjelaskan bahwa keterlambatan penyaluran BLT Dandes disebabkan proses administrasi.

“Untuk 194 Desa lainnya belum mengajukan secara reguler. Dari data yang didapat. Untuk bulan Januari sudah disalurkan oleh 146 Desa, sementara untuk Februari 120 Desa sedangkan Maret dan april serapan realisasi Dandes masih sangat rendah,” ujar Isnaidin

Ia juga mengatakan, dari total BLT Dandes yang telah salur ke rekening desa per 29 juni suda Rp. 44.028.617.280 dari pagu 161.562.494.000.

“Sampai saat ini serapan anggaran baru 27,25%,” ucapnya

Ia meminta pemerintah desa se-Bolmong segera memasukan pengajuan Dandes reguler dan menyalurkan BLT Dandes kepada masyarakat.

Perlu diketahui, dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 222/PMK.07/2020, disebutkan bahwa penerima manfaat BLT Dandes harus memenuhi kriteria yakni keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa bersangkutan.

Tidak termasuk penerima bantuan PKH, Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Bansos Tunai, dan program bantuan sosial pemerintah lainnya.

Nantinya, penerima manfaat BLT Dana Desa akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp300 ribu per keluarga hingga Desember 2021.

Dana Desa untuk BLT Dandes yang telah salur ke rekening desa:

Bulan Januari 146 desa

Bulan Februari 120 desa

Bulan Maret 63 desa

Bulan April 26 desa

Bulan Mei 6 desa

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here