Jajaran Pemkab Bolmong Terima Kunjungan Kerja Wamen PUPR

0
788
Jajaran Pemkab Bolmong Terima Kunjungan Kerja Wamen PUPR
Sekda Bolmong dan jajarn saat menerima kunjungan Wakil Menteri PUPR

BOLMORA.COM, ADVERTORIAL – Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menerima kunjungan kerja Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia John Wempi Wetipo, di Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong, Rabu (1/7/2020).

Saat melakukan kunjungan kerja di Bolmong, Wamen mendatangi Waduk Pindol dan SDN Pindol yang direnovasi.

Sekretaris Daerah Bolmong Tahlis Gallang, bersama para Asisten dan para pimpinan OPD dan jajaran Dinas PU Provinsi tampak ikut mendampingi dalam kunjungan kerja tersebut.

Wakil menteri, Sekda Bolmong dan jajaran, serta pejabat balai sungai dan waduk saat berada di waduk Pindol

Menurut Sekretaris Daerah Bolmong Tahlis Gallang, kunjungan kerja pihak Kementrian PUPR ke proyek Bendungan ini, sebagai bentuk perhatian pemerintah pusat agar proyek tersebut cepat dimanfaatkan untuk masyarakat.

“Manfaat dari proyek Bendungan ini sangat besar. Selain untuk sarana irigasi dibidang pertanian, juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana wisata,” ujar Tahlis.

Proyek bendungan terus dipercepat  hingga 2021 dari rencana semula 2020 karena terkendala dengan Wabah Viruc Corona. Bendungan Lolak terletak di Desa Pindol, dan merupakan salah satu bendungan baru yang pembangunannya dimulai pada 2015.

Peninjauan ke Waduk berjarak sekitar 210 km dari Kota Manado menjadi salah satu agenda kunjungan kerja Wamen PUPR yang sebelumnya sudah dikunjungi Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono beberapa waktu lalu.

Wakil Menteri PUPR , Sekda dan para pejabat Bolmong saat berada di SDN Pindol

Bendungan ini memiliki luas area genangan 97,46 hektare dengan kapasitas tampung mencapai 16,1 juta meter kubik. Saat beroperasi akan memasok air irigasi seluas 2.214 hektar, mendukung penyediaan air baku 500 liter/detik, pariwisata, konservasi air dan memiliki potensi tenaga listrik 2,43 megawatt.

Dengan adanya Bendungan Lolak, diharapkan dapat memenuhi kontinuitas suplai air irigasi terutama pada musim kemarau yang selalu kekeringan dan penyediaan kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

“Bendungan Lolak merupakan salah satu dari 13 bendungan baru yang kontrak pembangunannya ditandatangani pada 2015,” tutur Sekda Bolmong Tahlis Gallang.

Sementara itu Wamen PUPR John Wempi Wetipo menyebut pembangunan Waduk Pindol di Lolak Bolmong akan dikebut di era new normal. Ia menargetkan waduk itu selesai akhir tahun depan.

“Targetnya waduk Pindol dan Kuwil akhir tahun depan selesai,” kata dia.

Waduk tersebut, ujar dia, direncanakan diresmikan langsung oleh presiden Jokowi. Sebutnya, waduk tersebut sudah rampung hampir 54 persen.

“Pekerjaan fisiknya kita lakukan, pengerjaan lahannya sudah 92, 5 persen lebih,” kata dia.

Tampak Sekda Bolmong Tahlis Gallang, terlibat perbincangan dengan Wakil Menteri PUPR

Beber dia, Covid 19 memang menghambat pengerjaan waduk tersebut. Anggaran sebesar 13 miliar dialihkan untuk Covid.

“Ada refocusing, tapi tahun depan akan dibayarkan lagi 13 miliar tersebut,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bolmong, Renty Mokoginta mengucapkan, terima kasih kepada Kementrian PUPR karena sudah memperhatikan dunia pendidikan di Bolmong. Menurut Renty, pembangunan pendidikan merupakan satu prioritas pembangunan di Kabupaten Bolmong karena dapat meningkatkan kualitas daya saing sumber daya manusia.

“Kami ucapkan terimakasih atas bantuan dari pemerintah pusat dengan rehabilitasi dan renovasi sarana prasarana di SD Negeri Pindol,” ujarnya.

Lebih lanjut, Renty berharap kepada seluruh guru pengajar maupun siswa agar bisa menjaga, merawat dan mengelola semua sarana dan prasarana bantuan yang diberikan ini dengan sebaik-baiknya.

“Mari bersama-sama kita jaga dan rawat semua sarana prasarana fasilitas di sekolah ini dengan baik,” harapnya.

(Advertorial/Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here