ASN Tak Hadir Hari Pertama Masuk Kerja Bakal Diberi Sanksi

0
34
ASN Tak Hadir Hari Pertama Masuk Kerja Bakal Diberi Sanksi
Kepala BKPP Kota Kotamobagu Sarida Mokoginta
Advertisement

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu bakal memberi sanksi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak hadir tanpa keterangan di hari pertama kerja pasca libur lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP)  Kota Kotamobagu mencatat ada puluhan ASN yang mangkir di hari pertama kerja. Ini terungkap dari hasil absensi khususnya pada pelaksanaan apel, Senin (17/5/2021) kemarin.

“Berdasarkan absensi, tercatat ada 27 orang ASN yang tidakmasuk, dan tanpa keterangan,” ungkap Kepala BKPP Sarida Mokoginta.

Mnurutnya, akaan ada sanksi bagi ASN tanpa keterangan, baik itu kategori ringan hingga berat.

“Salah satu sanksi yang akan dikenakan yaitu pemotongan TPP,” tegas Sarida.

Untuk diketahui, sebelum pelaksanaan libur dan cuti bersama, Pemkot Kotamobagu telah mengeluarkan surat edaran Nomor: 003/ Setda-KK/137/III/2021 tentang Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021 di Lingkungan Pemkot Kotamobagu.

Adapun surat edaran itu, menindaklanjuti perubahan atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 642 Tahun 2020 Nomor 04 Tahun 2020 dan Nomor 04 Tahun 2020.

Dalam surat dijelaskan bahwa libur bersama khusus lebaran hanya tanggal 13 Mei dan 14 Mei 2021, sedangkan cuti bersama hanya tanggal 12 Mei 2021. Pada huruf e bahwa, seluruh Kepala Perangkat Daerah/Unit Kerja bertanggung jawab dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Surat Edaran ini dan apabila ada Pegawai Negeri Sipil dan Tenaga Harian Lepas yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah pasca pelaksanaan hari libur nasional dan cuti bersama Tahun 2021, agar dijatuhi sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, sesuai daftar kehadiran Pemkot Kotamobagu jumlah ASN 2.399 orang, hadir 2.322 orang, kemudian tanpa keterangan 27 orang, sakit 29 orang, izin 1 orang, cuti 16 orang, dan tugas belajar 4 orang.

(Gnm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here