Pemkab Bolsel Kembali Salurkan Bantuan, Bupati Sebut BLT dan Sembako Adalah Kewajban Pemerintah

0
587
Pemkab Bolsel Kembali Salurkan Bantuan, Bupati Sebut BLT dan Sembako Adalah Kewajban Pemerintah
Penyalurab bantuan BLT Dandes dan sembako susulan kepada masyarakat oleh Pemkab Bolsel

BOLMORA.COM, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolsel (Bolaang Mongndow Selatan) kembali menyalurkan bantuan BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang berasal dari Dandes (Dana Desa) dan sembako.

Penyaluran bantuan yang dilaksanakan Selasa (12/5/2020) ini, dipusatkan di Kecamatan Tomini.

Dalam kesempatan itu, bupati yang didampingi Anggota DPR RI asal Sulut Hi. Herson Mayulu, Sekda Marzanzius Arvan Ohy, dan Ketua DPRD Bolsel Arifin Olii, memulai pernyaluran bantuan di Desa Tolutu, dilanjutkan dengan penyerahan BST (Bantuan Sosial Tunai) Kemensos RI (Kementerian Sosial Republik Indonesia) oleh PT Pos, di Kantor Camat Tomini. 

Selanjutnya, dilaksanakan juga penyerahan BLT Dandes di Desa Soputa dan diakhiri dengan penyerahan sembako pemerintah daerah di Desa Bakida, Kecamatan Helumo.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, penyaluran bantuan ini merupakan penyaluran susulan untuk bulan Mei, yang sebelumnya telah dialksanakan pada bulan April lalu.

“Bantuan ini berasal dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui pemerintah daerah. Dan hari ini adalah penyaluran lanjutan atau susulan. Seperti bantuan BST dari Kemensos RI yang disalurkan di Desa Tolutu, dan  BLT Dandes di Desa Soputa, serta bantuan sembako tahap pertama bagi masyakarat yang belum terdata sebelumnya, di Desa Bakida,” ungkap Iskandar.

Dijelaskan, masyarkat harus paham terkait bantuan yang disaluran, baik sembako, BLT, maupun BST. Yang mana, bantuan ini bukan hak rakat, tapi kewajiban pemerintah.

“Bantuan ini memang sengaja disalurkan oleh pemerintah untuk masyarakat yang saat ini terdamapk ekonomi akibat pandemi virus corona atau Covid-19. Jadi, bantuan ini bukan hak masyarakat, tapi kewajiban pemerintah untuk menyalurkan bantuan di tengah dampak wabah Covid-19,” sebutnya.

Kata Iskandar, dengan adanya penerapan kebijakan pembatasan sosial (social distancing), jaga jarak (physical distancing), hingga PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah pusat, maupun daerah sebagai cara paling efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19, maka tentu cukup mengganggu kehidupan dan aktivitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” terangnya.

“Sehingga itu, pemerintah, baik tingkat pusat maupun daerah harus memikirkan ini. Nah, salah satu solusinya dengan penantaan anggaran untuk penyaluran bantuan. Termasuk diantaranya PKH, pangan non tunai, sembako, BLT Dandes dan lainnya. Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mematuhi anjuran pemerintah, dengan berdiam diri di rumah, dan memakai masker saat ke luar rumah,” pungkas Iskandar.

Tak lupa Iskandar juga mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPR RI Hi. Herson Mayulu, yang turut hadir memantau langsung penyaluran berbagai bantuan oleh Pemkab Bolsel.

“Terima kasih kepada bapak Hi. Herson Mayulu, yang berkesempatan hadir pada hari ini dalam rangka memantau langsung bagaimana upaya pemerintah daerah dalam penanganan damapak Covod-19, termasuk juga penyaluran bantuan oleh pemerintah daerah,” ujarnya.

Turut hadir dalam penyaluran bantuan tersebut, para pinpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur TNI/Polri, Camat Tomini, dan para kepala desa.

Editor: Gunady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here