Antisipasi Ketersediaan Pangan, Dinas Pertanian Buol Nyatakan Siap Hadapi Rencana PSBB

0
Advertisement

BOLMORA.COM, BUOL – Berbagai upaya dipersiapkan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buol, guna mengantisipasi dampak yang bakal terjadi jelang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang sudah diusulkan dan diajukan oleh pemerintah daerah kepada Menteri Kesehatan RI.

Pun melalui Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan, sebagai instansi teknis bagian dari Gugus Tugas (Gugas) penanganan covid-19 memaparkan berbagai rencana terkait program yang nantinya akan dilaksanakan manakala proses penerapan PSBB mulai diberlakukan. Hal itu sebagimana dipaparkan Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Buol, Ir. Usman.

Melalui pernyataan visual berdurasi kurang lebih 8 menit 5 detik, yang di rilis Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskomimfo) Buol, Sabtu (9/5/2020), Usman menjelaskan sejumlah program serta beberapa upaya alternatif dalam mengatasi persedian pangan saat penerapan PSBB.

Berikut Video Pemaparan Kepala Dinas Pertanian, Peterakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Buol

Kendati demikian, beberapa pernyataan tentang kesiapan maupun ketersediaan pangan yang diuraikan, terkesan seperti angka-angka detail yang masih samar. Pasalnya, fakta di lapangan agak berbeda dengan pernyataan yang disampaikan.

Dari penelusuran wartawan dan berdasarkan realita yang ada, sejumlah pedagang kios, toko serta pedagang beras eceran yang ada di Buol mengatakan bahwa, pasokan beras yang mereka jual saat ini hampir semuanya berasal dari luar daerah,seperti Tolitoli, Gorontalo, bahkan ada juga yang dari daerah Morowali.

(Irfan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here