Regional

Pemprov Sulut Gerak Cepat Salurkan Bantuan Korban Erupsi Gunung Ruang Tagulandang, Dipastikan Tiba Malam Ini

BOLMORA.COM, SULUT – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) di bawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), merespon dengan gerak cepat untuk penanganan para korban bencana erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan  Sitaro.

Pun, Rabu (17/4/2024), Pemprov Sulut langsung mengirimkan sejumlah bantuan untuk warga korban bencana.

“Melalui koordinasi dengan jajaran Forkopimda (Forum Pimpinan Daerah, red) Sulut serta istansi terkait, hari ini juga pengiriman bantuan dilakukan. Dipastikan malam ini bantuan sudah tiba,” ungkap Gubernur Olly Dondokambey, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (17/4/2024) sore tadi.

Diketahui, bantuan yang telah dikirim berupa kasur 20 lembar, masker 5.000 pcs, terpal, selimut 120 lembar, mie instant 15 dos, makanan siap saji 800 paket, lauk pauk siap saji 500 paket, makanan anak 500 paket, sandang dewasa 200 paket, sandang anak 150 paket, family kids 160 paket, kif wear 100 paket, tenda gulung 100 lembar, tenda keluarga 20 unit dan tenda serba guna 2 unit.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut Steven Kepel mengungkap tim dari Dinas Sosial (Dinsos) telah diberangkatkan untuk membawa bantuan bersama Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Adapun bantuan yang berasal dari gudang Dinas Sosial Sulut, untuk ke Tagulandang yaitu kasur 50 lembar, kids wear 100 paket dan tenda keluarga 2022 5 unit.

Sedangkan langkah persiapan untuk di Sangihe adalah kasur 100 lembar, kids wear 150 paket dan tenda keluarga 2022 5 unit.

“Kita akan terus memantau perkembangan erupsi Gunung Ruang di Tagulandang. Bantuan juga akan terus dikirim sesuai kebutuhan korban bancana,” ungkap Kepel.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro Sulut, meletus pada Selasa (16/4/2024) malam.

Lokasi terdampak Desa Pumpente dan Desa Patologi di Kecamatan Tagulandang.

Kemudian, pada Rabu (17/4/2024), Gunung Ruang kembali erupsi pukul 01:30 WIB, dan terjadi hujan abu vulkanik, juga menyebabkan terputusnya sinyal jaringan komunikasi di Kampung Laingpatehi.

(Gnm)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button