Disdukcapil Bolsel Akan Lakukan “Jempol” di Sekolah-Sekolah

0
Disdukcapil Bolsel Akan Lakukan “Jempol” di Sekolah-Sekolah
Kepala Discapilduk Bolsel Gunawan Ontuh

BOLMORA.COM, BOLSEL – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) akan mengadakan pelayanan perekaman elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) untuk siswa SMA kelas lll, dan pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk tingkat SD serta SMP se-Bolsel. Hal ini disampaikan Kepala Disdukcapil Bolsel Gunawan Otuh, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/4/2021).

Menurutnya, ini merupakan program dari Disdukcapil, yaitu jemput pola (Jempol) yang dilakukan bagi pelajar SMA yang sudah dan menjelang usia (17) tahun di seluruh sekolah yang ada di Bolsel.

“Jadi, untuk SMA itu 17 tahun ke atas yang akan di data. Ada juga yang belum 17 tahun, namun sudah menikah, maka itu harus wajib ada e-KTP,” ungkapnya.

Dikatakan, ini bertujuan agar seluruh masyarakat menyadari pentingnya kepemilikan e-KTP. Yang mana merupakan suatu kewajiban dan sangat penting, sebagai bukti identitas diri yang berlaku secara nasional.

“Hal ini diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor: 24 tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor: 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan,” terangnya.

Gunawan juga mengatakan, untuk pengurusan KIA Disdukcapil tinggal menunggu data dari sekolah SD serta SMP yang nantinya data tersebut akan diberikan oleh guru ke Disdukcapil Bolsel.

“Jadi, kami bekerjasama dengan pihak sekolah untuk mengumpulkan data siswa SD dan SMP ini. Data dikumpulkan oleh guru dan ketika sudah ada, baru akan diserahkan ke kami,” jelasnya.

Tambahnya, untuk syarat pengurusan KIA yakni pas foto 3×4, foto copy KK dan Akta Kelahiran.

“Namun jika untuk siswa SD yang berumur 5 tahun ke bawa tidak perlu lagi menggunakan pas foto. Cukup foto copy KK dan Akta kelahiran,” pungkasnya.

(Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here