Disperindagkop Kotamobagu Buka Pendaftaran BLT UMKM Tahun 2021

0
Disperindagkop Kotamobagu Buka Pendaftaran BLT UMKM Tahun 2021
Kabid Koperasi dan UKM Disperindagkop, Meiva Najoan

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU — Bantuan untuk mengatasi dampak pandemi corona terus dilakukan pemerintah. Salah satunya dengan memberikan bantuan kepada masyarakat melalui program Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM.

Bantuan tersebut diberikan pada pelaku usaha mikro yang belum bankable atau belum tersentuh kredit perbankan.

Di wilayah Kota Kotamobagu sendiri saat ini Disperindagkop sebagai instansi terkait sedang melakukan pendataan untuk tahun 2021.

Kepala Dinas Perindagkop Kotamobagu melalui Kabid Koperasi danUKM Meiva Najoan mengatakan hari ini dinas membuka pendaftaran bantuan usaha mikro.

“Hari ini pendaftaran bantuan usaha mikro BLT UMKM tahun 2021 sudah buka. Adapun sumber anggarannya dari Pemerintah Pusat, dan pelaksanaannya dari dinas terkait, ” ujar Meiva saat ditemui di ruangan kerjanya. Rabu, (7/4/2021).

Untuk kuota penerimaan bantuan, kata Meiva, secara nasional jumlahnya 12,8 juta pelaku usaha mikro dengan total anggaran kurang lebih Rp 15,36 triliun.

“Untuk kabupaten/Kota sendiri tidak ada penentuan kuota yang dibatasi, karena akumulasinya secara nasional. Seberapa banyak itu akan kami kirim datanya ke pusat, ” terang Meiva.

Hari ini, lanjut Meiva, kurang lebih ada sekitar seratusan pelaku usaha mikro yang sudah datang mendaftar di kantor dinas.

Meski demikian, kata Meiva, pelaku usaha mikro UMKM yang akan menerima bantuan harus memenuhi syarat, yang dilengkapi dengan surat keterangan usaha dari kelurahan setempat.

“Bantuan ini terbuka bagi pelaku usaha mikro secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, dan setiap pelaku usaha mikro nantinya akan mendapat bantuan sebesar Rp 1,2 juta, ” tutup kabid.

(Wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here