Dinobatkan Berkinerja Terbaik I Penanganan Covid-19 di Kawasan Sulawesi, Gubernur Olly Ucapkan Terima Kasih kepada Masyarakat

0
33
Dinobatkan Berkinerja Terbaik I Penanganan Covid-19 di Kawasan Sulawesi, Gubernur Olly Ucapkan Terima Kasih kepada Masyarakat
Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat diwawancarai, Insert Foto Penyerahan Penghargaan PPKM Award oleh Presiden Jokowi kepada Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw

BOLMORA.COM, SULUT – Provinsi Sulut (Sulawesi Utara) dinobatkan sebagai daerah berkinerja terbaik I dalam haI penanganan Covid-19 di Kawasan Pulau Sulawesi. Olehnya, pemerintah pusat memberikan penghargaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) kepada Pemprov Sulawesi Utara.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi (Joko Widodo), kepada Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, mewakili Gubernur Olly Dondokambey, bertempat di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, pada Senin (20/3/2023).

Sehubungan dengan itu, Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan sangat bersyukur atas capaian yang diraih.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Sulawesi Utara sangat berterima kasih karena pemerintah pusat mengapresiasi dengan memberikan penghargaan terhadap apa yang telah dilakukan pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19,” ungkap Olly kepada wartawan di Loby Kantor Gubernur, Selasa (21/3/2023).

Dikatakan, berkat kesadaran masyarakat yang senantiasa mentaati aturan, sehingga Pemprov Sulawesi Utara dapat meraih penghargaan PPKM Award dari pemerintah pusat

“Saya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Sulawesi Utara yang telah berpartisipasi dan bersama-sama mematuhi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 melanda. Intinya, pemerintah hanya memberikan regulasi, masyarakat yang menaati semua aturan,” kata Olly.

Meski Covid-19 sudah melandai dengan nol kasus positif, gubernur multi profile ini berharap masyarakat tetap mawas diri, dan tetap melakukan vaksinasi untuk memberikan kekebalan komunal.

Tak lupa, Olly juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada semua pihak, yang sejak awal berperang melawan Covid-19.

“Terima kasih kepada tenaga kesehatan, perawat, dokter, TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan tinggi, instansi vertikal dan semua pihak tanpa terkecuali,” pungkasnya.

Dengan diraihnya penghargaan PPKM Award, Olly berharap dapat menjadi inspirasi dan motivasi seluruh pihak untuk bersatu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Diharapkan, sinergitas, kolaborasi dan koordinasi yang sudah terbangun dapat terus berlanjut, guna mendukung penanganan masalah kesehatan lainnya,” imbuh gubernur periode kedua pilihan masyarakat Bumi Nyiur Melambai.

Untuk diketahui, penghargaan PPKM Award merupakan apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dan berbagai pihak yang berhasil, serta berkontribusi mengendalikan Covid-19 dan menjaga pertumbuhan ekonomi di masa pandemi.

Pemberian penghargaan, dilakukan dengan metodologi yang seobjektif mungkin, yang tim juri yang diambil dari para pakar epidemiolog.

Penghargaan diberikan kepada lebih dari 800 penerima. Dari semua kategori, ditetapkan pemenang berdasarkan kawasan, yakni Kawasan Sumatera, Jawa-Bali, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara-Maluku hingga Papua.

Adapun kategori penghargaan sebagai berikut:

1. Kategori penghargaan Pemerintah Daerah.
Penjurian kategori ini dipimpin oleh Kementerian Dalam Negeri untuk memilih Provinsi Berkinerja Terbaik dan Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik ( 33 pemenang)

2. Kategori Penghargaan Fasilitas Layanan Kesehatan
Penjurian kategori ini dipimpin oleh Kementerian Kesehatan untuk memilih Puskesmas (102 pemenang); Rumah Sakit (59 pemenang); Laboratorium Terbaik (126 pemenang)

3. Kategori Penghargaan Satuan TNI Daerah;
Penjurian kategori ini dipimpin oleh Tentara Nasional Indonesia untuk memilih Kodam Terbaik dan Kodim Terbaik; (6 pemenang)

4. Kategori Penghargaan Satuan Kepolisian
Penjurian kategori ini dipimpin oleh Kepolisian Republik Indonesia untuk memilih Polda Terbaik dan Polres Terbaik; (6 pemenang)

5. Kategori Penghargaan Lain-lain diberikan untuk memilih :
– Sentra Vaksinasi terbaik; (79 pemenang)
– Layanan Telemedisin terbaik; (18 pemenang)
– Media dan Influencer terbaik; (38 pemenang)
– Organisasi keagamaan pendukung pemerintah dalam penanganan pandemi terbaik; (7 pemenang)
– Akademisi pendukung pemerintah dalam penanganan pandemi terbaik; (5 pemenang)
– BUMN pendukung layanan penanganan pandemi terbaik; (13 pemenang)
– Organisasi Internasional pendukung Pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi terbaik; (29 pemenang)
-Perusahaan swasta luar negeri pendukung Pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi terbaik; (110 pemenang)
– Perusahaan swasta dalam negeri pendukung pemerintah dalam penanganan pandemi terbaik; (179 pemenang)
– LSM pendukung Pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi terbaik; (30 pemenang)

Dalam kesempatan tersebut, turut diberikan Special Award dan penghargaan Dewan Pers.

Selain penghargaan kepada seluruh komponen bangsa, pemerintah juga memberikan apresiasi kepada lebih dari 30 negara sahabat yang telah membantu pemerintah dalam pengendalian pandemi COVID-19 di Indonesia.

(Gnm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini