Pemkab Bolmong Sigap Tangkal Covid-19, Langkah-langkah Antisipasi Dilakukan

0
181
Pemkab Bolmong Sigap Tangkal Covid-19, Langkah-langkah Antisipasi Dilakukan
HUT ke-66 Kabupaten Bolmong

BOLMORA.COM, ADVERTORIAL – Covid-19 atau Virus Corona menjadi ancaman serius bagi seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Untuk itu, Pemkab Bolmong langsung sigap bertindak.

Pun dengan segera, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, mengeluarkan sejumlah putusan. Mulai dari siswa siswi SD dan SMP diliburkan dengan merancang metode pembelajaran di rumah, hingga tugas luar pejabat ditiadakan.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, berkordinasi dengan Gubernur Sulut terkait upaya pencegahan Covid-19

Untuk mereka yang sudah terlanjur ke luar diminta mengadakan isolasi diri. Warga Bolmong diminta tidak ke luar daerah, dan Pemkab membatasi tamu yang hendak berkunjung ke Bolmong.

“Objek wisata untuk sementara kita tutup,” kata Yasti.

Yasti juga mengimbau warga untuk melakukan sosial distancing, menjauhi tempat keramaian, serta meminta warga menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Dikatakan, pihaknya membatalkan paripurna, apel HUT ke-66 Kabupaten Bolmong dan pesta rakyat, demi mematuhi perintah Presiden Jokowi untuk tidak mengadakan kegiatan dengan mengumpulkan banyak massa.

“Di HUT ke-66 Kabupaten Bolmong saya minta warga berdoa di rumah untuk keselamatan bangsa dari virus covona,” ujar Yasti.

Pemkab Bolmong Uji Coba Teleconference
Uji Coba Teleconference atau rapat Online oleh Diskominfo Bolmong

Sementara, Sekda Bolmong Tahlis Gallang menyatakan, para ASN bekerja dari rumah sejak 23 hingga 31 Maret 2020. Pekerjaan menggunakan teknologi informasi.

“Dinas-dinas diminta mematuhi anjuran bupati mengenai sosial distancing,” imbuh Tahlis.

Langka antisipasi lain, Dinas Komunikasi dan Informastika (Diskominfo) Bolmong melaksanakan uji coba rapat online selama beberapa hari, dan berlangsung sukses.

“Aplikasi telah diuji coba. Alhamdulillah berhasil, kendati teleconference dilakukan di lokasi yang berbeda-beda. Aplikasi tersebut merupakan upaya sosial distancing Pemkab Bolmong, dalam mengharmonisasikan dan mensingkronisasikan seluruh program yang akan dipakai pada kondisi sekarang, yang darurat akan penyebaran Covid-19,” terang Kepala Diskominfo Parman Ginano.  

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) juga menyiapkan fasilitas cuci tangan di depan kantor bagi ASN.

Penyemprotan cairan Disinfektan di kentor bupati

Kadis Kesehatan (Dinkes) Bolmong Erman Paputungan mengatakan, pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan di kantor bupati, yang banyak didatangi warga. Dinkes juga menyiapkan Puskesmas untuk memberi sosialisasi kepada warga sembari melakukan penanganan corona.

“Kami memfungsikan Puskesmas,” kata dia.

Sebelumnya, upaya pencegahan juga telah dilakukan Pemkab Bolmong melalui Dinkes, dengan menyemprotkan cairan disinfektan di beberapa tempat. Salah satunya di Kantor Bupati Bolmong, Kecamatan Lolak. 

“Kantor kupati merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi orang dari luar, setiap harinya,” ujar Erman.

Lewat kepemimpinan yang kuat dari Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, dan Wakil Bupati Yanny Tuuk, niscaya Bolmong bisa menghadapi virus corona.

(Advetorial/Agung)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here